Rabu 24 Aug 2016 06:50 WIB

Meraih Gelar Doktor Berkat Robot Bawah Laut

Teguh Herlambang.
Foto: ITS
Teguh Herlambang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Besarnya potensi bawah laut perairan Indonesia nampaknya memerlukan perhatian khusus baik dalam hal ekplorasi maupun penjagaan. Hal inilah yang mendorong Teguh Herlambang, mahasiswa S3 Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) meneliti robot kapal selam jenis Autonomus Underwater Vehicle (AUV) guna mengeksplorasi potensi bawah  laut Indonesia. Berkat penelitiannya, ia secara resmi berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Surabaya, Selasa (23/8).

Teguh mengakui, riset tentang kapal selam tanpa awak memang tengah menarik minat banyak peneliti beberapa tahun belakangan. Banyaknya masalah dan kendala dalam melakukan survei bawah laut adalah salah satu faktor kuat yang mendorongnya. “Padahal monitoring bawah laut perlu dilakukan secara berkala dan teratur untuk memperoleh data yang akurat,” ujar alumni Jurusan Matematika ITS ini.

Bertempat di Aula BG Munaf FTK ITS, Teguh memaparkan desain dan analisa sistem gerak yang ia rancang untuk mengendalikan AUV. “Dengan sistem ini, AUV dapat berlaku sebagai kapal selam tanpa awak yang dapat bergerak secara otomatis,” tutur pria yang kini sedang bertugas sebagai dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) ini.

Dengan AUV, banyak pekerjaan yang semula sukar menjadi lebih mudah. Misalnya dalam hal memantau korosi pada bagian bawah kapal atau pencarian korban kecelakaan pesawat yang jatuh ke laut. “AUV memanfaatkan citra khusus untuk menganalisa objek yang diamati,” kata dia.

Sedangkan dalam rangka mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, AUV dapat membantu dalam membuat pemetaan dasar laut, mengoleksi sampel geologi hingga pemantauan oseanografi. AUV juga akan banyak berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan, misalnya dengan inspeksi struktur bawah air. Dalam industri minyak dan gas, AUV dapat membantu survei laut dan penilaian sumber daya. Sedangkan dalam ranah militer, kapal selam tanpa awak ini dapat digunakan sebagai peralatan sistem pertahanan bawah laut.

Belum merasa puas dengan pencapaiannya, Teguh berencana mengombinasikan penelitian ini dengan penelitiannya saat menempuh program Magister. “Saya berharap kapal selam tanpa awak ini dapat dikombinasikan dengan pesawat tanpa awak yang telah saya teliti sebelumnya, sehingga akan menghasilkan dua sistem canggih yang terbungkus dalam satu alat saja,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement