Sabtu 20 Aug 2016 08:47 WIB

Rayakan Dies Natalies, UT Gelar Turnamen Tenis Meja Pelajar

Red: M Akbar
universitas terbuka
Foto: .
universitas terbuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Terbuka (UT) menggelar turnamen tenis meja pelajar tingkat nasional. Kegiatan yang diikuti oleh 800 peserta dari 13 provinsi itu dihadirkan sebagai bagian merayakan Dies Natalies ke-32 UT. Kegiatannya digelar di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe, Tangerang Selatan selama tiga hari hingga Ahad (21/8).

Rektor UT, Tian Belawati, mengatakan kejuaraan yang digelar kali keempat ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan atensi masyarakat akan olahraga tenis meja.

"Peserta dari kategori pemula putra putri, kadet putra putri, junior putra putri yang merupakan pelajar dan mahasiswa diharapkan pula dapat melahirkan atlet-atlet tenis meja nasional," kata Tian dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (20/8).

Selain turnamen antarpelajar, kata Tian, pihaknya juga menggelar turnamen antarkorporat dan untuk umum. Turnamen ini ini bagi dalam 10 kategori.

"Kategori tersebut adalah kategori divisi V (Jabodetabek), kategori divisi IV, pemula putra-putri, kadet putra-putri, junior putra-putri, dan kategori korporat/perusahaan. Setiap peserta masing-masing kategori akan memperebutkan piala serta hadiah total Rp 116 juta," katanya.

Lebih lanjut Tian menuturkan, banyak cara dalam membina atlet. Ada yang membina atlet itu sendiri dan ada yang membina dengan wahana. Pihaknya memberi ruang dan kompetisi agar melahirkan atlet-atlet berbakat dari daerahnya.

"Saat ini kami belum membangun klub tenis meja, ke depannya kualitas turnamen akan membaik, peserta juga lebih baik, kualitas penyelenggaraan makin ke depan makin baik, dan akan selektif untuk pemilihan pesertanya," katanya.

Untuk pemenang pertama, Tian menambajkan,  akan mendapat beasiswa selama satu tahun. Apabila prestasi akademiknya bagus, akan dilanjutkan sampai lulus.

"Turnamen ini juga sekaligus  memperkenalkan Universitas Terbuka kepada para pelajar yang ada di seluruh Indonesia," kata Tian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement