Rabu 17 Aug 2016 12:32 WIB

Ini 12 Kampus Terbaik se-Indonesia Versi Kemenristekdikti

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Institut Teknologi Bandung
Foto: www.itb.ac.id
Institut Teknologi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali meraih posisi sebagai kampus terbaik se-Indonesia berdasarkan penilaian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tidak hanya berada di posisi sama dari tahun sebelumnya, angka penilaiannya juga meningkat dari 3,74 menjadi 3,78.

“Dari 12 besar kampus (kluster pertama), ada yang nilainya naik signifikan dan ada juga yang naiknya biasa saja,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam Konferensi Pers (Konpers) Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Thamrin, Jakarta, Rabu (17/8).

Posisi kedua ditempati oleh Universitas Gajah Mada (UGM) dengan perubahan skor dari 3,69 menjadi 3,72. Peringkat tiga yang sebelumnya diduduki oleh Insitut Pertanian Bogor (IPB) kini ditempati oleh Universitas Indonesia. UI mengalami peningkatan cukup signifikan dari 3,41 menjadi 3,69.

“UI naik satu peringkat dari tahun sebelumnya sedangkan IPB turun ke posisi keempat walaupun skornya sendiri mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 3,49 menjadi 3,54,” kata dia.

Sementara posisi lima pada tahun ini diperoleh Universitas Brawijaya (Unibraw) dengan skor 3,24. Insitut Teknologi Sepuluh Nopember berada di posisi keenam dengan raihan angka 3,17. Selanjutnya, terdapat Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Hasanuddin dengan skor 3,15 dan 3,06.

Universitas Diponegoro (Undip) berada di peringkat sembilan dengan raihan angka 3,04. Sementara Universitas Padjadjaran (Unpad) harus turun tiga peringkat dari posisi ketujuh dengan nilai 2,97. Kemudian terdapat pula Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Sebelas Maret dengan torehan skor 2,88 dan 2,87.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement