Selasa 16 Aug 2016 18:06 WIB

Publikasi Internasional Terbaik Berada di Kampus Ini

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menobatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi (PT) dengan jumlah dan kualitas publikasi internasional terbaik di Indonesia. Kepala Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti mengatakan penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir kepada Rektor UI Muhammad Anis.

Penghargaan itu diserahkan dalam puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-21 Tahun 2016 di Solo, Jawa Tengah. UI berharap penghargaan itu dapat memotivasi para peneliti untuk terus aktif berkarya sehingga membawa Indonesia menuju bangsa yang mandiri dan berdaya saing global. "Penghargaan tersebut didasarkan atas pencapaian UI akan jumlah publikasi ilmiah internasionalnya yang terbanyak dan terus meningkat pada periode 2011-2015," kata Rifely Dewi Astuti.

Rifelly menjelaskan pada tahun 2015 tercatat sebanyak 605 publikasi telah terindeks Scopus, sebuah database bibliografi dunia yang berisi abstrak dan kutipan untuk artikel jurnal akademis.

UI berkomitmen meningkatkan jumlah jurnal ilmiah internasional dan telah menempatkan riset serta publikasi ilmiah sebagai bagian utama dalam kegiatan universitas. Selain menjadi representasi mutu pendidikan, jumlah publikasi internasional juga dapat menjadi indikator akan pertumbuhan inovasi dan ilmu pengetahuan di suatu negara.

Berdasarkan data yang dirilis oleh SCImago Lab (www.scimagojr.com), sebuah lembaga yang mengelola laman pemeringkatan publikasi ilmiah internasional, Indonesia berada pada urutan ke-57 dengan jumlah publikasi sebanyak 39.719. Indonesia tertinggal jauh dari negara ASEAN lainnya seperti Singapura yang berada di urutan ke-32 dengan jumlah publikasi sebanyak 215.553 dan Malaysia yang berada di peringkat 35 dengan jumlah publikasi 181.251.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement