Jumat 12 Aug 2016 22:36 WIB

Unair Juara Ketiga Pimnas 2016

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Foto: Ist
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) meraih peringkat ketiga dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang ditutup pada Kamis (11/8) malam. Dari 21 tim, Unair meraih delapan medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Ajang Pimnas ke-29 diikuti 145 perguruan tinggi se-Indonesia. Uniknya, tiga perguruan tinggi di Jawa Timur meraih posisi empat besar. Ketiganya yakni Universitas Brawijaya (UB) yang meraih juara pertama, Universitas Airlangga juara ketiga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juara keempat. Sedangkan juara kedua diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Direktur Kemahasiswaan Unair M Hadi Subhan, menyatakan cukup puas dan berterima kasih kepada seluruh mahasiswa dan tim. Ia bersama Ketua Kontingen Unair Agus Widiantoro mengawal tim Unair hingga penutupan. “Meski harapan untuk memboyong Piala Adikarta Kertawidya masih belum tercapai, setidaknya target UNAIR untuk masuk tiga besar sudah tercapai,” ujar Hadi Subhan dalam siaran pers, Jumat (12/8).

PKM Unair yang menyabet emas di nomor presentasi, di antaranya dari tiga nomor PKM-PE (Penelitian Eksakta). Ketiganya berjudul 'Paduan Hyaluronic Acid (HA) Polyethylene Glycol (PEG) Sebagai Injectable Hydrogel untuk Terapi Penderita Degenerasi Diskus Intervertebralis' yang dipresentasikan Cityta Putri dan tim; 'Inovasi Durameter Artifisial Berbasis Selulosa Bakteri – Kolagen dengan Plasticizer pada Kasus Trauma Kepala' atas nama Inas Fatimah dan tim; serta 'Studi In Vivo Poly-Lactid-co-glicolic-Acid (PLGA) dengan Coating Kitosan sebagai Selaput Penutup Organ Pencernaan untuk Aplikasi Kelainan Dinding Perut yang Terbuka' atas nama Karina Dwi Saraswati dan tim.

Ketiga tim penyabet emas nomor presentasi ini di bawah bimbingan Prihartini Widiyanti. Selain itu, medali emas nomor presentasi oleh Ulima Hapsari dan tim dengan makalah PKM – Kewirausahaan berjudul PKM (Penutup Kompres Mata) Anti Kantong Panda.

Sedangkan, di nomor poster, medali emas Unair dipersembahkan oleh PKM-K karya Indah Paraswati dan tim yang berjudul Pemanfaatan Cangkang Kerang Simping (Placuna Placenta) sebagai Komoditi Usaha Pakan Ternak Unggas Non-Konvensional.

Serta PKM-Kewirausahaan oleh Erwin Candra dan tim dengan poster makalah berjudul KUMAK: Kit Uji Merkuri dalam Air dan Kosmetik sebagai Cara Praktis Menguji Kandungan Merkuri dalam Kosmetik dan Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement