Senin 25 Jul 2016 11:54 WIB

Standar Kesehatan Bagi Penderita Bibir Sumbing Perlu Ditingkatkan

Bibir Sumbing (Ilustrasi)
Bibir Sumbing (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita bibir sumbing dan langit-langit di Indonesia memiliki frekuensi yang cukup tinggi, sekitar 2 kasus pada setiap 1.000 kelahiran dan membutuhkan perhatian khusus karena sering terbentur masalah biaya serta pertanggungan asuransi. Untuk itu maka Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort. (K) melakukan penelitian yang bertujuan agar para penderita bibir sumbing dan langit-langit dapat dijamin perawatannya oleh asuransi/Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). 

Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort. (K) menjelaskan disertasi ini membahas tentang stabilitas jangka panjang perawatan penderita bibir sumbing dan langit-langit yang merupakan tantangan bagi para klinisi, sekaligus memberikan rekomendasi perlunya peningkatan standar kesehatan bagi penderita bibir sumbing dan langit-langit di Indonesia.

"Saya bersyukur mendapatkan kesempatan mengambil data penelitian dari pasien bibir sumbing dan langit-langit di Nijmegen, Belanda, untuk melihat stabilitas hasil perawatan komprehensif jangka panjang selama dua dan lima tahun setelah selesai perawatan, karena kestabilan merupakan indikasi keberhasilan suatu perawatan."

Penderita bibir sumbing dan langit-langit atau sering kali dikenal dengan istilah asing Cleft Lip and Palate (CLP) cukup sering dijumpai dalam masyarakat kita. Kelainan ini dapat terjadi karena berbagai faktor resiko yang menimbulkannya, antara lain faktor genetika dan lingkungan. Keadaan dan kebiasaan ibu hamil, seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, gizi yang kurang, terpapar radiasi, keadaan stres, trauma, dan konsumsi obat-obatan yang dialami merupakan faktor pencetus terjadinya kelainan.

Hormon pertumbuhan juga dianggap sebagai suatu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya insiden bibir sumbing dan langit-langit, disamping faktor latar belakang sosial-ekonomi orang tua serta keluarga penderita. Faktor-faktor ini akan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan prenatal yang akan mengganggu embrio, dan akan dijumpai pada saat bayi lahir (pasca-natal).

Penderita CLP sering merasa malu dan rendah diri, sehingga mempengaruhi faktor psikologis serta rasa percaya dirinya. Namun perawatan komperehensif yang melibatkan berbagai tahapan perawatan sejak bayi sampai usia dewasa masih belum merata, terstandar, dan terintegerasi seperti di pusat-pusat bibir sumbing di dunia, karena terbentur masalah biaya serta pertanggungan asuransi.

Saat ini masih sangat terbatas studi yang mengobservasi stabilitas hasil perawatan jangka panjang kelompok penderita dengan kelainan ini. Karena itu maka Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort. (K) melakukan penelitian yang bertujuan agar para penderita bibir sumbing dan langit-langit dapat dijamin perawatannya oleh asuransi/Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Penelitian dilakukan dengan mengevaluasi perubahan pada pasien bibir sumbing dan langit-langit pada saat selesai perawatan (T0), dua tahun pasca perawatan (T1) dan lima tahun pasca perawatan (T2). 

Disertasi yang berjudul 'Kajian Stabilitas Relasi  Gigi dan Lengkung Maksilaris Setelah Perawatan Komprehensif Penderita Bibir Sumbing dan Langit-Langit Unilateral Komplit (Studi Longitudinal Retrospektif)' ini telah di terima untuk dipublikasikan di Jurnal Internasional pada: Orthodontics and Craniofacial Research Journal, suatu jurnal riset terkemuka di bidang ortodonti, wajah dan kepala. Sehingga pada hari ini, Sabtu (23/7) dapat berlangsung Promosi Doktor Nia Ayu Ismaniati Noerhadi. 

Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. drg. Benny S Latief, Sp.B.M (K) dengan Ko-Promotor Prof. Em. Anne Marie Kuijpers-Jagtman, D.D.S, Ph.D dan Dr. drg. Miesje Karmiati Purwanegara, S.U., Sp.Ort (K). Ketua Sidang Dr. Yosi Kusuma Eriwati, drg., M.Si. Ketua Penguji adalah Prof. Dr. drg. Eky S. Soeria Soemanti, M.D.S., Sp.Ort (K),  dan Penguji lainnya Prof. drg. Thalca Hamid, M.H.P.E.D., Sp.Ort(K), Ph.D, Prof. Dr. drg. Faruk Hoesin, M.D.S., Sp.Ort(K) dan drg. Benny Mulyono Soegiharyo, M.Sc., M.Orth. R.C.S., Sp.Ort., PhD.

Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort (K) merupakan dosen tetap di departemen ortodonti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Lulus dalam waktu 3 (tiga) tahun dengan predikat Cumlaude, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort (K) merupakan lulusan ketiga di Tahun 2016 dan merupakan lulusan Doktor ke-88 dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

"Saya berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat  dan membuat dunia kesehatan gigi di Indonesia menjadi  lebih maju," pungkas Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc. Sp.Ort (K).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement