Ahad 29 May 2016 11:54 WIB

Unpad Gelar PBF dan Launching Kampung Digital

Rep: Agus Yulianto/ Red: Maman Sudiaman
Membaca koleksi buku (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Membaca koleksi buku (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR --. Memeringati hari buku nasional, Bale Pabukon Universitas Padjadjaran di bawah Direktorat Inovasi, Korporasi Akademik dan Usaha Unpad menyelenggarakan kegiatan Padjadjaran Book Festival and Campus Festival and Exhibition (PBF and CFE) 2016 pada Senin (30/5) mendatang di Bale Pabukon Unpad, Jl Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor. 

Kegiatan yang mengusung tema wisata literasi dan produk kreatif merupakan rangkaian kegiatan dengan memberikan kesempatan berpartisipasi aktif kepada seluruh civitas akademika Unpad mulai dari bazar buku. Bazar ini melibatkan puluhan penerbit nasional, rangkaian kegiatan literasi, aneka perlombaan, seminar, talkshow, bedah buku, workshop serta bazar kuliner dan produk unggulan hasil civitas akademika Unpad.

Ketua Panitia PBF and CFE 2016 Andri Yanto mengatakan, pembukaan dan peresmian acara PBF and CFE 2016 akan dilakukan oleh Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad bersama Direktur Enterprise & Business Service (EBIS) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Dr Muhammad Awaluddin, Ketua IKAPI Jabar Drs Anwaruddin dan Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal didampingi oleh para Wakil Rektor, Direktur, Kepala UPT dan Para Manajer Fakultas serta jajaran pemerintah daerah setempat dan berbagai mitra Unpad.

"PBF and CFE 2016 diikuti oleh 38 penerbit nasional, beberapa komunitas dan BUMN serta 40 peserta bazar kuliner, produk kreatif dan eksibisi dari berbagai fakultas yang ada di Unpad," katanya. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wahana literasi bagi para sivitas akademika untuk menampilkan berbagai produk unggulan dan produk kreatif karya sivitas akademika Unpad, bazar buku serta bazar UMKM sivitas akademika Unpad dan masyarakat yang tergabung dalam SUKA UNPAD.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan lunching Kampung Digital SUKA (Sentra Usaha Kecil dan Menengah) Unpad oleh Rektor Unpad bersama Direktur EBIS Telkom yang didampingi oleh Executive Vice President Telkom REG 3/EGM DBS dan Wakil Rektor 3 Unpad. 

Kampung SUKA UNPAD merupakan hasil kerja sama PT Telkom dalam pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UMKM atau UMKM yang terpusat di Bale Pabukon Unpad sebagai salah satu unit bisnis Direktorat Inovasi, Korporasi Akademik, dan Usaha Unpad dalam rangka mewujudkan UMKM yang Maju, Mandiri, dan Modern di kalangan civitas akademika Unpad, alumni serta masyarakat pada umumnya.

"Bersamaan dengan itu di launching pula berbagai produk unggulan yang dihasilkan anggota SUKU UNPAD. Produk ini berupa Pabukon Online Store sebagai bagian dari pengembangan took buku yang ada di Bale Pabukon," kata Andri. 

Kegiatan ini, kata dia, semakin mendekatkan ke konsumen untuk memudahkan bertransaksi dengan seluruh produk unggulan yang ada di Unpad. Serta, berbagai buku dan jurnal yang diterbitkan oleh Unpad maupun penerbit nasional. Kemudian dilanjutkan dengan launching CMYK Web Printing Platform guna mendukung kegiatan publikasi dan percetakan seluruh sivitas akademika Unpad melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi serta dilanjutkan dengan launching Produk Unggulan dari berbagai fakultas dan Civitas Akademika Unpad.

Setelah acara launching dilanjutkan dengan bedah buku dan diskusi buku "Digital Championshift and Digital Enterpreneurshift" yang ditulis oleh Dr. M. Awaluddin, Seminar “Microfinance” dan Bedah Buku Selling Yourself yang ditulis Dr. SetyoRiyanto, S.E., M.M dari Indonesia Marketing Association (IMA) dan rangkaian acara lainnya sampai dengan hari tanggal 5 Juni 2016. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement