Rabu 18 May 2016 16:10 WIB

IPB Buka Program Studi S-1 Aktuaria

Rep: C32/ Red: Dwi Murdaningsih
Institut Pertanian Bogor
Foto: primaholidaybandung.blogspot.com
Institut Pertanian Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka dua program studi baru pada tahun ajaran 2016/2017. Kedua program studi baru yang akan dibuka dinilai sangat strategis dan sangat dibutuhkan pemerintah.

“Dua program studi baru kita yaitu Aktuaria dan Teknologi Hasil Ternak (THT) yang baru disahkan pada 4 Mei 2016,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yonny Koesmaryono, Rabu (18/5). 

Dia menjelaskan, Program Studi (Prodi) Aktuaria di bawah naungan Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sementara, Program Studi THT berada di Departemen Ilmu Produksi dan teknologi Peternakan (IPTP) Fakultas peternakan. 

Yonny mengungkapkan, Prodi Aktuaria jenjang S-1 merupakan yang pertama di IPB. “Ada lima universitas yang menerapkan aktuaria, tapi hanya IPB yang siap untuk S-1. Di Universitas Indonesia baru ada jenjang D-3 dan Institut Teknologi Bandung (ITB) baru S-2 saja,” ujar Yonny. 

Sama dengan profesi lain, lanjut Yonny, ahli aktuaria atau aktuaris merupakan bidang yang berkembang seiiring dengan semakin majunya peradaban dan beragamnya kebutuhan manusia. “Aktuaria itu keahlian matematik, statistik, dan ekonomi. Banyak perusahaan asuransi, lembaga keuangan, yang membutuhkan,” tutur Yonny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement