Rabu , 18 May 2016, 12:18 WIB

Unpad Luncurkan SDGs Center Unpad

Red: Agus Yulianto
Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID,JATINANGOR --  Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan kegiatan peluncuran Center for Sustainable Development Goals Studies Universitas Padjadjaran (SDGs Center Unpad). SDGs ini sebagai tempat dilakukannya berbagai riset multi-disipliner terkait SDGs baik dalam skala global, nasional, maupun lokal. Kegiatan peluncuran akan digelar pada Jumat (20/5) di Grha Sanusi Hardjadinata, Jl Dipati Ukur No 35, Kota Bandung.

Acara diawali dengan sambutan dan peresmian SDGs Center Unpad oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan,  Direktur SDGs Center Unpad, Prof Armida S Alisjahbana serta Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang aktivitas SDGs Center oleh Direktur Eksekutif SDGs Center Unpad, Dr Arief Anshory Yusuf.

Sebagai puncak acara, rangkaian acara berikutnya adalah Diskusi Panel dengan dua pembicara utama, Prof Emil Salim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Co-Director, King's International Development Institut, King's College London, Dr. Andy Summer. Bertindak sebagai moderator pada Diskusi Panel tersebut yakni Direktur Kerja Sama Universitas Padjadjaran, Dr. Parikesit.

Pendirian SDGs Center oleh Universitas Padjadjaran adalah untuk menciptakan sinergitas antara semua stakeholders baik itu pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil termasuk akademisi. Pendirian ini dalam rangka memenuhi agenda pembangunan berkelanjutan 2030 yang terdiri dari 17 tujuan dan 169 target pembangunan berkelanjutan atau disingkat SDGs yang telah disepakati oleh negara-negara anggota PBB pada bulan September 2015.

SDGs Center Unpad juga merupakan pusat peningkatan kapasitas kemampuan analisis SDGs serta menjadi fasilitator sharing berbagai temuan-temuan riset terkait baik dari Unpad maupun jaringan kerjasamanya yang melibatkan kalangan akademisi, pemerintahan dan pihak-pihak terkait. Dalam pelaksanaannya, SDGs Center Unpad ini dikepalai oleh Prof. Dr. Armida Alisjahbana, SE, MA, Guru Besar Unpad yang juga sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono