Sabtu 30 Apr 2016 16:29 WIB

INAIS Bogor Gelar Seminar Pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pembangunan karakter bangsa seharusnya menjadi arus utama pembangunan nasional. Artinya, setiap upaya pembangunan harus selalu dipikirkan keterkaitan dan dampaknya terhadap pengembangan karakter.

Demikian dikatakan Ketua Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Sahid (INAIS), Tita Hasanah, S.Th.I, M.Si pada seminar pendidikan Membangun Bangsa Tangguh Menghadapi Tantangan Zaman di Kampus INAIS, Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor, Sabtu (30/4).

      Seminardiselenggarakan PGRA INAIS bekerjasama dengan Indonesia Heritage Foundation. Sebanyak 150 peserta mengikuti seminar ini. Mereka adalah para guru RA/TK, mahasiswa pogram studi PGRA, guru, dosen, mahasiswa prodi lain, dan masyarakat umum sekitar Kampus INAIS.

Tita menyebutkan, tantangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini makin kompleks dan beragam. Hal itu tecermin dari kesenjangan sosial ekonomi dan politik yang masih besar. 

Juga terlihat dari kerusakan lingkungan yang terjadi di berbagai pelosok negeri, masih terjadinya ketidakadilan hukum, pergaulan bebas dan pornografi yang terjadi di kalangan remaja, kekerasan dan kerusuhan, serta kasus-kasus korupsi yang merambah semua sektor kehidupan.

“Seminar ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan karakter bangsa yang tangguh, yang diharapkan dapat membuka wawasan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” papar Tita.

Sementara itu pembicara pertama dari IHF, Hani Maria, mengatakan kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh karakter bangsanya. Termasuk karakter islami. Indonesia menempati peringkat ke-140 dari 147 negara. “Jadi masih banyak ladang amal untuk kita,” sindir Hani.

Di sisi lain, peringkat sains dan matematika para pelajar Indonesia ada di posisi ke-64 dari 65 negara. Mengapa? Karena guru kita banyak memberi hafalan kepada para siswanya. Sementara tingkat kreativitas siswa Indonesia ada di peringkat 81 dari 82 negara.

Ketua Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khatimah, Joko Trimulyo, SH, M.Pd., mengatakan saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai mengubah paradigma pendidikan.

Kini, mutu atau kualitas pendidikan menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan untuk anak-anaknya. “Harga atau berapa biaya pendidikan yang diperlukan tidak menjadi masalah,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement