Rabu 27 Apr 2016 21:38 WIB

OJK Bangun Kerja Sama Inovasi Produk Keuangan dengan Trisakti

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (Usakti) menjalin kerja sama dalam perkembangan inovasi keuangan. Melalui Centre Financial Inclusion (CFI), yang didirikan Usakti sebagai pusat penelitian inklusi keuangan di bawah arahan OJK, mengadakan seminar nasional dengan tema “Financial Inclusion to Achieve Sustainable Development in Indonesia” yang diadakan di Universitas Trisakti, Jakarta, Rabu (27/4).

Pada tahun ini, Usakti juga melibatkan perguruan tinggi lainnya, antara lain Indonesia Banking School, Perbanas Institute, dan lain-lain. Tujuan dari seminar tersebut juga dalam rangka menciptakan pemahaman tentang hal tersebut bagi masyarakat dan khususnya mahasiswa ekonomi.

Dekan Fakultas Ekonomi Usakti, Bambang Soedaryono mengatakan, tujuan dari acara seminar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan. “Kita mengundang para dosen atau pemakalah yang punya potensi untuk sharing karya-karya mereka untuk di-review bersama," kata Bambang.

Eleonora Sofida selaku Wakil Ketua dari CFI Usakti juga mengungkapkan, salah satu agenda dari seminar ini adalah mengumpulkan penelitian tentang pengembangan inklusi keuangan. “Saat ini, Usakti merupakan satu-satunya kampus yang memiliki Centre for Financial Inclusion, yang mana hal ini adalah amanah dari OJK agar perguruan tinggi dapat menjadi media pemahaman literasi yang berkaitan dengan finansial, " ujar Eleonora.

“Pada kesempatan kali ini Usakti dipercaya oleh OJK untuk mengagendakan untuk Call all Papers di mana kami telah menerima penelitian sebanyak 100 Papers dan kemudian akan menjadi bahan dalam Kompetisi Inklusi Keuangan yang diadakan oleh OJK,” tambah dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, dalam keynote speech-nya mengungkapkan bahwa pentingnya seminar ini diadakan untuk memperkenalkan inklusi keuangan pada berbagai macam lapisan khususnya mahasiswa. “Untuk kegiatan acara hari ini dengan Universitas Trisakti tujuannya untuk memperkenalkan apa itu yang dimaksud inklusi keuangan dan bagaimana perkembangan berkelanjutannya di Indonesia,” ujar Mulaiman.

“Hasil penelitian dari seminar ini merupakan masukan yang sangat berarti bagi OJK dan akan diikutsertakan pada Kompetisi Inklusi Keuangan yang merupakan program OJK," lanjutnya.

Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro menyatakan apresiasinya kepada Usakti yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang bermitra dengan OJK dan sudah membangung Centre for Financial Inclusion. “Belum banyak universitas yang fokus pada salah satu bidang ekonomi yaitu financial inclusion, Usakti ini menurut kami sebagai pionir bidang instusi keuangan yang sudah memiliki embrio lembaga yang mengkhususkan dirinya sebagai Centre Finansial Inclusion yang diinisiasi oleh Ketua OJK,” ujar Ari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement