Selasa 12 Apr 2016 16:49 WIB

40 Persen Kursi Dosen Dialokasikan untuk Profesional

Rep: c36/ Red: Dwi Murdaningsih
Dosen/ilustrasi
Dosen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan ada alokasi 40 persen kesempatan jabatan dosen bagi para profesional. Ke depan, pihaknya juga menekankan pemberian kesempatan khusus untuk menjalankan riset bagi para dosen.

"Kesempatan bagi kalangan profesional untuk berkarir sebagai dosen sangat terbuka lebar. Kami berikan kesempatan sebanyak 40 persen dari total jumlah alokasi dosen yang dibutuhkan," jelas Nasir kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/3).

Menurut dia, saat ini Indonesia memiliki sekitar 233.000 dosen. Jumlah itu dinilai masih kurang dari kebutuhan ideal. Selain penambahan jumlah dosen, Kemenristekdikti kini juga tengah mendorong kelanjutan pendidikan bagi dosen yang berstatus alumni strata 1 (S 1). Nasir menegaskan, para dosen lulusan S1 harus segera melanjutkan pendidikan ke strata 2 (S2).

"Para dosen akan diberikan waktu khusus untuk melakukan riset. Beberapa peningkatan  di atas bertujuan mendorong kenaikan kualitas pendidikan," tambah Nasir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement