Rabu , 23 Maret 2016, 17:17 WIB

IPB Masuk Kampus TOP 51+ Dunia

Rep: c32/ Red: Dwi Murdaningsih
IPB
Institut Pertanian Bogor (IPB).
Institut Pertanian Bogor (IPB).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini kembali menujukan prestasinya yang terus bersaing dengan perguruan tinggi bergengsi dunia lainnya. Hal tersebut terlihat dari hasil QS World University Ranking by Subject 2016.

“IPB menduduki posisi Top 51+ dunia. Tepatnya untuk kategori Pertanian dan Kehutanan,” kata Kepala Biro Hukum, Promosi, dan Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti, Rabu (23/3).

Dengan meraih peringkat tersebut, Yatri menjelaskan IPB selevel dengan Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) dan Universitas Putra Malaysia (UPM). Peringkat tersebut diraih berdasarkan untuk kategori yang sama yaitu pertanian dan kehutanan.

Peringkat tersebut juga dinilai meningkat dari tahun sebelumnya. “Rangking IPB tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang menduduki posisi Top 101+ dunia,” jelas Yatri.

Yatri menjelaskan QS World University Ranking by Subject mengeluarkan daftar kampus terbaik sedunia berdasakan kategori disiplin ilmu atau jurusan. Untuk melakukan perangkingan, kata dia, lembaga riset pendidikan asal Inggris mengevaluasi sebanyak 4.226 perguruan tinggi di dunia.

“Perangkingan dilakukan berdasarkan analisis dari 113 juta sitasi dan hasil verifikasi dari 15.530 program stud,” tutur Yatri. Dia berpendapat, peringkat tersebut dapat menjadi panduan setiap kampus untuk memperkuat area yang menjadi keahlian utama.