Selasa 09 Feb 2016 22:03 WIB

Susi Terpilih Jadi Majelis Wali Amanat ITS

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pujiastuti (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/4).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pujiastuti (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk daftar nama salah satu anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terpilih, yang diserahkan kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

"Pemilihan Susi Pudjiastuti sebagai salah satu anggota MWA ITS dikarenakan memiliki latar belakang maritim yang berkaitan dengan ITS, sehingga diharapkan dapat membantu ITS meningkatkan kontribusi untuk Indonesia, terutama di bidang kemaritiman," kata Sekretaris Senat Akademik ITS, Prof Gamantyo Hendrantoro MEng PhD di Surabaya, Selasa.

Guru Besar Jurusan Teknik Elektro ITS ini menjelaskan bahwa Senat Akademik ITS telah resmi mengusulkan 17 nama perwakilan dari berbagai unsur, yaitu perwakilan dari Kemristekdikti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, Rektorat ITS, Senat Akademik ITS, dosen ITS, Tenaga Kependidikan (Tendik) ITS, mahasiswa ITS, alumni ITS, dan masyarakat umum.

Mereka adalah Menristekdikti Prof Mohamad Nasir PhD Ak sebagai perwakilan anggota dari Kemenristekdikti, Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo SH MHum (Pemprov Jatim), Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD (Rektorat ITS), dan ketua Senat Akademik ITS Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD (Senat Akademik).

"Terdapat pula enam nama MWA sebagai wakil dari dosen yang non Senat Akademik yaitu Prof Dr Muhammad Nuh DEA, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, Prof Dr Darminto MSc, Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka, Prof Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD, dan Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD," jelasnya.

Selain itu, tambahnya untuk empat anggota MWA ITS dari perwakilan masyarakat antara lain mantan Presiden Direktur PT Pembangunan Perumahan (PP) Ir Musyanif, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ir Arif Wibowo MM, dan Presiden Direktur Medco Energi Tbk Ir Lukman Mahfoedz.

"Sedangkan wakil dari tendik ITS, mahasiswa, dan alumni ITS masing-masing adalah Ir Agus Gunaryo, Hafiz Nuzal Djufri, dan Ir Harun Alrasyid," tutur Peraih penghargaan Young Scientist Award dari International Union of Radio Science (URSI) ini.

Menurut dia, pembentukan MWA ITS merupakan salah satu syarat statuta ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), dimana terdapat tiga badan utama untuk menjadi PTN-BH yaitu rektor, senat akademik, dan MWA.

Ia melanjutkan, ke-17 nama anggota MWA yang terpilih tersebut telah dinyatakan lolos seleksi melalui syarat yang telah ditetapkan oleh Senat Akademik ITS. '' Nantinya, perwakilan dari masing-masing elemen MWA ITS akan membawa suara dari elemen-elemen tersebut,'' imbuhnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement