Selasa 09 Feb 2016 15:18 WIB

Mahasiswa Indonesia Masih Lemah Soal Kemampuan Menulis Esai

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Dwi Murdaningsih
Beasiswa
Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Scholarship and Research Support Foundation (ISRSF) menggelar kegiatan seminar penulisan esai di @america Jakarta pada Selasa (9/2). Kepala ISRSF Jeffrey A Winters menyatakan masih ada kelemahan penulisan esai dari mahasiswa Indonesia. Padahal, menurutnya, kemampuan menulis esai penting karena menjadi parameter perguruan tinggi ternama dalam memberikan beasiswa.

"Peran perguruan tinggi dan yayasan pemberi beasiswa sangat penting untuk meningkatkan kemampuan menulis esai para calon penerima beasiswa," ujar Winters.

Ia mengatakan, saat ini secara umum masih banyak mahasiswa Indonesia yang lemah dalam menulis esai. Kesalahan yang ia soroti yakni masih adanya plagiarisme dalam karya-karya esai mahasiswa. Winters pun mendorong agar berbagai pihak menggelar seminar, pelatihan, dan penerbitan tulisan esai terbaik agar bisa menjadi rujukan.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir calon penerima beasiswa ISRSF, pemenang tahun lalu, dan para dewan juri penulisan esai. Peserta yang hadir diberikan kumpulan esai terbaik ISRSF 2015 sebagai rujukan untuk membuat esai yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement