Senin 25 Jan 2016 17:45 WIB

Unpad Bakal Gratiskan Kuliah 250 Calon Mahasiswa Kedokteran

Rep: c26/ Red: Dwi Murdaningsih
 Seorang dokter hewan memeriksa kesehatan Lutung Jawa (Trachypitecus Auratus) di Javan  Langur Centre, Coban Talun, Malang, Jawa Timur, Senin (15/9). (Antara/Ari Bowo Sucipto)
Seorang dokter hewan memeriksa kesehatan Lutung Jawa (Trachypitecus Auratus) di Javan Langur Centre, Coban Talun, Malang, Jawa Timur, Senin (15/9). (Antara/Ari Bowo Sucipto)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Padjajaran (Unpad) membuka program kuliah tanpa biaya atau gratis untuk pendidikan kedokteran dan dokter spesialis tahun ajaran 2016-2017.  Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad mengatakan selama ini kedokteran banyak peminatnya. Namun biaya kuliah yang tinggi membuat jurusan ini hanya dimasuki oleh mahasiswa dari kalangan menengah ke atas.

Oleh karenanya untuk menyamaratakan kesempatan tersebut, Unpad tahun ini akan menerima 250 mahasiswa kedokteran yang akan berkuliah secara gratis.  "Unpad sudah berencana lama khususnya pada prodi kedokteran dan dokter spesialis mulai 2016 akan membebaskan biaya pendidikan alias gratis," kata Tri dalam konferensi pers sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2016, di Unpad, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (25/1).

Menurutnya selama ini dengan biaya pendidikan dokter yang mahal, tentu lulusannya juga ingin bekerja di tempat yang nyaman dan berpenghasilan memadai. Oleh karenanya dengan digratiskannya pendidikan dokter di Unpad, maka para mahasiswa akan berkomitmen untuk ditempatkan praktek sesuai penempatan dari Unpad.

Ia melihat ketersediaan dokter di Jawa Barat belum mencukupi. Karenanya bekerja sama dengan pemerintah daerah di Jawa Barat Unpad menggelar program pendidikan gratis agar ke depannya lulusannya mau mengabdi di Jawa Barat.

"Puskesmas di Jawa Barat belum sepenuhnya memiliki tenaga dokter yang memadai. Distrbusi tidak merata. Sarjana kedokteran memilih tempat kerja dimana saja. Mereka yang kuliah biaya sendiri tentunya akan memilih tempat pengabdian yang nyaman juga," ungkap Tri.

 

Bagi calon mahasiswa yang berminat, bisa mengikuti seleksi lewat SNMPTN atau SBMPTN yang akan digelar nantinya. Sebab, Unpad tidak membuka penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri.

Nantinya semuanya kalangan memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan kedokteran tanpa takut masalah biaya. Sumber pendanaan program ini nantinya Unpad akan bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat serta Pemda di masing-masing kota/ kabupaten. Selain itu dana program ini juga bisa lewat kerja sama dengan rumah sakit swasta yang ingin menginvestasi dalam hal SDM. Selama ini pendidikan kedokteran di Unpad berkisar Rp 13 juta untuk satu semester.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement