Sabtu 28 Nov 2015 13:20 WIB

IPB Dapat Mandat Kelola Potensi Buah Nusantara

Festival Buah Nusantara
Foto: Republika/Rakhmawaty
Festival Buah Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo menugaskan Institut Pertanian Bogor untuk menggarap potensi buah dan bunga Nusantara termasuk menggelar Festival Buah dan Bunga Nusantara dalam skala yang sangat besar. "Ini perintah kepada Menteri agar tahun depan IPB diberi tanggung jawab untuk membuat FBBN dengan skala yang sangat besar dihadirkan buyer-buyer, pembeli-pembeli internasional sehingga mereka tahu bahwa potensi dan kekuatan buah dan bunga Nusantara ini bisa dipromosikan, dikenalkan, dan agar mereka tahu semuanya," kata Presiden Jokowi, dalam acara FBBN 2015 di Kampus IPB, Sabtu (28/11).

Ia berjanji akan mengerahkan semua kedutaan untuk menghadirkan pembeli-pembeli potensial yang ada di negara-negara masing-masing sedangkan IPB bertanggung jawab atas pelaksanaannya. Presiden juga menyambut baik Gerakan Oranye yang merupakan inisiatif IPB yakni sebuah gerakan untuk mendorong produksi, kualitas, dan kontinuitas buah nusangara.

"Saya senang sekali waktu ke Uni Emirat Arab ada supermarket besar yang mempunyai 180 supermarket dari seluruh dunia, ada yang membisikk saya bahwa buah-buah kita dijual di supermarket itu," katanya.

Ketika mampir ke supermarket yang dimaksud Jokowi mengaku melihat hampir semua buah Indonesi dikemas dan dijual dengan harga yang sangat baik serta disajikan dalam sebuah tatanan/outlet yang menaikkan citra dan persepsi buah Nusantara. "Saya ingat ada mangga dari Jawa Barat kalau tidak keliru dari Cirebon, ada nanas dari Lampung, ada juga semangka dari Sragen, pepaya Boyolali, manggis dari Jawa Barat, hampir semua buah yang dijual di situ adalah dari Indonesia," katanya.

Padahal menurut dia biasanya justru di supermarket di Indonesia lebih banyak dipajang buah-buahan impor dari Thailand, Brazil, dan Cina. Dia menyambut baik komitmen sejumlah kabupaten/kotamadya yang akan menyiapkan 50 ha lahan di wilayah mereka masing-masing yang potensial. Menurut Presiden tidak perlu semula 516 kabupaten/kota di Tanah Air melakukan hal itu tapi cukup fokus di tempat-tempat yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai sentra.

"IPB bergerak entah menyiapkan benihnya, entah mengawal manajemen, penyuluhan, kabupaten juga berkomitmen sama untuk menyiapkan, Kementerian Pertanian juga menyiapkan menjadi sebuah manajemen pusat dan daerah," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement