Jumat 02 Oct 2015 10:40 WIB

UI Masuk Daftar 800 Kampus Terbaik Dunia Versi Media Inggris

Rep: c 13/ Red: Indah Wulandari
Universitas Indonesia
Foto: antara
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Universitas Indonesia (UI) pertama kalinya masuk ke dalam daftar 800 perguruan tinggi terbaik di dunia versi media Inggris, Times Higher Education (THE) World University Rankings 2015-2016 edisi ke-12 yang dirilis pada Rabu (30/9) kemarin.

Menurut Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti, Indonesia masuk ke dalam daftar Perguruan Tinggi (PT) yang turut diperhitungkan oleh THE bersama dengan 800 perguruant tinggi lainnya. Sejumlah PT itu tersebar di 70 negara di dunia.

"UI sendiri berada di dalam kelompok 601 – 800 perguruan tinggi terbaik di dunia," terang Rifelly, Jumat (2/10).

Selain Indonesia, terdapat 29 negara baru yang masuk dalam daftar pemeringkatan THE. Mereka adalah Malaysia, Ghana, Nigeria, Bangladesh, Latvia, Oman, Qatar, dan Ukraina.

THE World University Rankings merupakan salah satu pemeringkatan internasional paling bergengsi bagi perguruan tinggi dunia. Ini juga menjadi majalah internasional yang paling berpengaruh dalam dunia pendidikan tinggi.

Metode perangkingan, kata Rifelly, menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh civitas akademika universitas. Indikatornya dilihat dari performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar), penelitian (jumlah, reputasi) dan sitasi penelitian. Selain itu, cakupan internasional (staf, mahasiswa dan riset) dan kerjasama industri.

Rifelly juga berharap, keberhasilan tersebut tidak hanya menjadi milik UI sendiri. Namun, keberhasilan nasional juga karena dapat memicu peningkatan kualitas pendidikan dan riset di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement