Kamis 03 Sep 2015 15:26 WIB

IPB akan Dikembangkan Menjadi Kampus Berbasis Riset

Rep: c13/ Red: Taufik Rachman
IPB
IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Institut Pertanian Bogor akan dikembangkan menjadi kampus berbasis riset. Berbagai upaya menuju kampus berbasis riset tengah digulirkan.

Rektor Insitut Teknologi Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto berharap IPB bisa menjadi kampus berbasis riset. “Ya kita kembangkan ke arah sana,” ujar Herry usai Pembukaan IPB Investment Summit di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (3/9).

Menurut Herry, IPB akan menyesuaikan penerapan hal itu terhadap para dosen nantinya.IPB maupun pemerintah memang menuntut mereka untuk lebih banyak melakukan penelitian. Karena itu, ia menegaskan pihaknya tentu akan memberikan ruang kepada mereka.

Herry juga menerangkan perihal dosen yang bidangnya lebih banyak di bidang membimbing mahasiswa. Menurutnya, mereka kelak akan diberikan porsi lebih banyak pada penugasan penelitian.

Ia juga mengungkapkan,  penugasan mereka juga harus disesuaikan keragaman dan konteks keilmuannya. “Tentu kalau IPB sudah semakin otonom, kita akan bisa mengatur hal tersebut,” tegas dia.

Sejauh ini, Herry menyatakan hambatan untuk bisa menjadi universitas berbasis riset. Ia berpendapat, kejelasan kebijakan anggaran dan kejelasan fasilitasi yang ada di pemerintah menjadi kendalanya. Selain itu, lanjut dia, kejelasan kewenangan otonomi juga menjadi hambatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement