Selasa 01 Sep 2015 16:03 WIB

Gubernur: Kampus Harus Mampu Ciptakan SDM Unggul

Syahrul Yasin Limpo
Foto: Antara
Syahrul Yasin Limpo

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR -- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengatakan universitas diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dalam menghadapi tantangan global.

"Untuk memecahkan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, salah satunya dengan menciptakan SDM berkualitas yang menguasai sains, riset, dan teknologi, dan di sini peran perguruan tinggi," kata Syahrul di hadapan para mahasiswa baru pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), di Makassar, Selasa.

Menurut Syahrul, salah satu penyebab kenapa Indonesia seperti sekarang, karena kualitas SDM yang masih tertinggal."Indonesia negara yang kaya, tetapi tata kelolanya yang tertinggal," ujarnya.

Menurut Syahrul pendidikan sangat penting dalam mengubah paradigma berpikir masyarakat. "Kalau pendidikannya hanya sampai SMP, SMA, maka pikirannya hanya sampai pada bagaimana memperoleh pekerjaan, tetapi jika pendidikannya lebih tinggi, mereka bisa berpikir bagaimana membuka lapangan kerja," kata dia.

Gubernur berharap para mahasiswa pascasarjana ini mampu menjadi orang cerdas yang mendahulukan akal dan hatinya dalam menyelesaikan semua tantangan.

Sementara, Direktur Program Pascasarjana UNM Prof Dr Jasruddin mengatakan, peminat S2 dan S3 di UNM mencapai 1.700 orang. Namun, karena keterbatasan daya tampung dan SDM?yang diterima hanya 1.076 orang.

"Kami menjaga kualitas dengan menetapkan rasio jumlah mahasiswa dan dosen yang harus sebanding, sehingga tidak semua peminat bisa diterima," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement