Selasa 01 Sep 2015 12:25 WIB

Dubes Indonesia di Jepang Harap Tim Mobil UNY Menang

Rep: C13/ Red: Djibril Muhammad
Yusron Ihza Mahendra
Yusron Ihza Mahendra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Mobil Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan mengikuti Formula SAE Japang. Kegiatan ini akan berlangsung dari 1 hingga 5 September 2015 di Shuzouka, Jepang.

Formula SAE Japan merupakan kompetisi otomotif yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Acara ini menjadi bagian dari even internasional Formula SAE yang digelar di berbagai negara seperti Jerman, Italia, Austria dan Australia.

Mengenai keikutsertaan tim mobil Garuda UNY ini, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra mengungkapkan dukungan penuh. "Kami mendukung penuh terhadap tim mobil Garuda UNY ini," ujar Yusron melalui siaran pers, Selasa (1/9).

Ia juga menyampaikan harapannya terhadap kemenangan salah satu tim perwakilan Indonesia ini. "Kompetisi seperti ini perlu diikuti. Harapan tertinggi adalah juara tetapi setidak-tidaknya dalam tataran minimal, kita dapat menunjukan bahwa bangsa Indonesia itu ada, untuk membuka wawasan," kata dia.

Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta beserta 3 advisor mengikuti Formula SAE Jepang. Kemudian,  terdapat pula beberapa perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia Tokyo.

Selain itu,  ia juga menekankan anak bangsa agar selalu meningkatkan kemampuan diri dengan senantiasa melakukan riset. Dia juga berpendapat, para generasi bangsa perlu belajar dari teknologi bangsa lain. Sehingga, bisa membuat teknologi sendiri nantinya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari UNY, Zainal Arifin yang juga mengungkapkan tentang tim itu. Menurutnya, tim mobil UNY juga telah berhasil meraih juara sebagai Best of The Best di 2015 ISGCC di Korea Selatan pada Mei 2015 lalu. Selanjutnya, kata dia, tahun ini merupakan kali pertama tim mobil UNY mengikuti Formula SAE Japan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement