Selasa 18 Aug 2015 23:07 WIB

Aldo, Usia 14 Tahun Sudah Kuliah di UGM

Rep: C14/ Red: Ilham
UGM
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aldo Meyolla Geraldino (14) merupakan satu dari 9.536 mahasiswa baru yang diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun akademik 2015/2016. Seperti dilansir laman resmi UGM, mahasiswa baru termuda ini terdaftar di Fakultas Kedokteran (FK) UGM saat berusia 14 tahun, tujuh bulan, 29 hari.

"Senang sih, diterima di Fakultas Kedokteran. Termuda ya, mungkin semua karena akselerasi," ujar Aldo Meyolla di lapangan Grha Sabha Pramana, UGM, Selasa (18/8).

Semenjak bersekolah di SDN 16 Surakarta, Aldo memang mengikuti program akselerasi.  Dia lulus SD ketika usianya masih menginjak 10 tahun. Aldo sendiri lahir pada 19 Desember 2000 di Surakarta. Lantaran akselerasi pula, putra pasangan Masoed dan Christina Murtini ini menempuh jenjang SMPN 9 Surakarta dan SMAN 1 Surakarta hanya dalam waktu empat tahun.

Kendati demikian, dia merasa rileks dalam hal belajar menempuh tahap demi tahap pendidikan. Di sela-sela waktunya, bersama dengan teman-temannya Aldo menyalurkan hobinya di bidang musik. "Yang penting belajar itu senang aja. Belajar rutin sih iya, biasanya malam hari, dengan jam yang tidak terlalu terjadwal, sesuai keperluan saja", kata Aldo.

Dia diterima di UGM melalui jalur Ujian Tulis (UTUL) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nilai ujian MIPA (Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam) Aldo meraih angka di atas 9. Nilai Biologi dan Kimia pemuda ini, masing-masing 9 dan 9,8.

"Masuk di Fakultas Kedokteran karena cita-cita lama. Tapi saya suka sih sama sains dan penelitian, kedua biologi, dan ketiga ingin melayani masyarakat nantinya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement