Kamis 02 Jul 2015 07:33 WIB

Pemenang MVA 2015 Mengaku Baru Belajar Bahasa Pemrograman

Rep: heri purwata/ Red: Taufik Rachman
Microsoft Virtual Academy
Microsoft Virtual Academy

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Akbar Permana Putra berhasil sebagai juara pertama kompetisi Microsoft Virtual Academy (MVA) Indonesia 2015, akhir Juni lalu.

Mahasiswa yang masih duduk di semester tiga program studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informasi UTY baru belajar pemograman di kampus.

Akbar menjelaskan dalam kompetisi MVA, peserta ditantang untuk mempelajari modul-modul yang berisi teori-teori yang terkait dengan teknologi informasi, khususnya pemrograman dan jaringan. Setelah itu peserta diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan dan mengerjakan kasus-kasus yang diberikan secara online.

“Tantangan selanjutnya adalah menjelaskan teori-teori yang ada pada modul-modul kepada teman-teman lain sebanyak-banyaknya. Selain itu, mengajak mereka untuk bisa mengerjakan soal-soal dan kasus yang ada di modul-modul MVA dengan benar melalui online,” kata Akbar, di Yogyakarta, Kamis (2/7).

Menurut Akbar ada dua hal menarik dalam mengikuti MVA tersebut, yakni pertama, memahami keilmuan secara mendalam dan berbagi kepada orang lain. Untuk pemahaman keilmunnya ia belajar dari dosen, belajar otodidak melalui e-book dan berbagai sumber lainnya, serta sharing kepada kakak-kakak kelasnya yang sudah menjadi Microsoft Student Partner.  

Kedua, adalah tantangan untuk bisa memperoleh teman yang banyak, mengispirasinya untuk belajar agar bisa presentasi secara menarik dengan terus berbagi manfaat kepada orang lain. Sedang teman-teman yang berhasil diajak berpartisipasi berasal dari mahasiswa UTY, mahasiswa dari luar UTY dan masyarakat umum.

Untuk bisa memperoleh informasi yang banyak tentang teknologi informasi, Akbar memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement