Kamis 02 Jul 2015 07:30 WIB

Mahasiswa UTY Yogyakarta Pemenang Microsoft Virtual Academy

Rep: heri purwata/ Red: Taufik Rachman
Microsoft Virtual Academy
Microsoft Virtual Academy

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Akbar Permana Putra berhasil sebagai juara pertama kompetisi Microsoft Virtual Academy (MVA) Indonesia 2015, akhir Juni lalu. Mahasiswa yang masih duduk di semester tiga program studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informasi UTY baru belajar pemograman di kampus.

Menurut Rokhmat, Humas UTY, keberhasilan Akbar tidak terlepas dari ketertarikannya pada bidang pemrograman. “Ia baru mengenal pemrograman saat di bangku kuliah. Bahkan ia baru belajar dasar-dasar pemrograman selama dua semester. Tetapi ia sangat meyakini bahwa menguasai pemrograman akan memberinya masa depan yang cerah,” kata Rokhmat kepada Republika di Yogyakarta, Kamis (2/7).

Lebih lanjut Rokhmat menjelaskan setelah mendapatkan dasar-dasar pemrograman, Akbar belajar serius secara otodidak. Ia mendapatkan bahan ajar dari  berbagai cara termasuk melalui Microsoft Virtual Academy yang merupakan portal pembelajaran online dari Microsoft.  Ia belajar serius tentang jaringan dan beberapa program diantaranya java dan C#.  

“Kesungguhan Akbar untuk menjadi programmer handal semakin besar,  ketika mengetahui banyak kakak angkatan di UTY yang telah menjadi Microsoft Student Partner, dan sukses dalam berkarier baik selama masih menjadi mahasiswa maupun setelah lulus,” kata Rokhmat.

Kompetisi tersebut, kata Rokhmat, diikuti peserta dari seluruh Indonesia yang dibagi dalam lima regional. Kemudian pemenang dari masing-masing regional diambil dua pemenang untuk berkompetisi dalam 10 besar. Akbar mendapat nilai tertinggi dari lima regional tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement