Senin 22 Jun 2015 13:48 WIB

Tim Bedaya Tel-U Juara 3 Kontes Robot Seni

Telkom University
Foto: telkomuniversity.ac.id
Telkom University

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Membuat robot tak selalu harus merogoh kocek dalam-dalam. Buktinya, hanya dengan memanfaatkan peralatan yang ada di laboratorium, Tim Badaya Telkom University (Tel-U) berhasil merakit robot keren. Bahkan, tim ini bisa meraih juara 3 pada Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) 2015 yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 11-14 Juni lalu.

 

Dalam membuat robot Badaya, kata salah satu anggota tim Aris Pujud Kurniawan, pihaknya hanya  memanfaatkan peralatan yang ada di laboratorium. Dipoles algoritma-algoritma pemrograman maksimal. Robot Badaya tak perlu biaya mahal namun tak kalah canggih dengan robot yang mahal. Aris Pujud Kurniawan, mahasiswa D3 Teknik Komputer FIT Tel-U.

 

“Kami membuat robot yang menari seperti manusia. Robot kami dapat melakukan gerakan tarian mengikuti alunan musik pengiring,” kata mahasiswa D3 teknik computer FIT Tel-U ini.

Selain Aris, tim Badaya lainnya yakni dua mahasiswa D3 Teknik Komputer FIT Tel-U Lathif Ritya Dwi Putra dan Muhammad Gibran Toto. Serta mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi FIT Tel-U Muhammad Abid Irwan.

 

Pada tahun ini, KRSI mengangkat tema tarian Bambangan Cakil. Di kompetisi ini, tim membuat dua robot yang dapat membawakan tarian Bambangan Cakil. Robot pertama berperan sebagai Arjuna dan robot kedua berperan sebagai Cakil (Raksasa). Kedua robot juga dirias layaknya penari.

 

Tim ini berada di bawah bimbingan dosen Simon Siregar. Pada Kontes Robot Indonesia tahun  ini, Tel-U menurunkan 4 robot andalannya. Yaitu robot Badaya pada kategori KRSI, Roobics untuk kategori KRAI, Azkaizan 4wd untuk kategori KRPAI Beroda dan Arjuna di kategori KRPAI Berkaki.

 

“Kami bersyukur atas prestasi yang telah diperoleh. Namun belum merasa puas karena targetnya adalah merebut Juara Pertama dari ke-4 kategori yang diikuti pada Kontes Robot Indonesia kali ini,” kata Muhammad Gibran Toto, anggota tim lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement