Selasa 26 May 2015 13:14 WIB

Sekretaris FPG Raih Gelar Doktor Politik UI

Fayakun Andriadi
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Fayakun Andriadi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekretaris Fraksi Partai Golkar kubu Agung Laksono, Fayakhun Andriadi, meraih gelar doktor bidang ilmu politik dari Universitas Indonesia, Selasa.

"Gelar yang saya peroleh doktor ilmu politik, melalui disertasi berjudul 'Demokrasi Era Digital: Studi Kasus Penggunaan Media Sosial dalam Partisipasi Politik Oleh Pendukung Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Periode 2012-2017'," kata Fayakhun di Fakultas Ilmu Politik UI, Jakarta, Selasa.

Fayakhun mengatakan disertasi tersebut meneliti tentang penggunaan media sosial sebagai sarana baru dalam mengekspresikan partisipasi politik.

"Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada Pilkada DKI Jakarta 2012 partisipasi politik dilakukan tidak hanya secara fisik, tapi juga secara maya dengan menggunakan sarana media sosial," tutur Fayakhun.

Dia mengisahkan tidak mudah mengusulkan disertasi bertema penggunaan media sosial pada tahun 2008 silam. Karena pada tahun tersebut penggunaan media sosial belum marak seperti saat ini.

"Dulu saya dianggap mengigau, diminta mengganti judul," kata dia. Namun, kata dia, lambat laun disertasi bertema media sosial dapat diterima seiring munculnya beragam aktivitas di sosial media yang berkaitan langsung dengan dunia politik.

Fayakhun mengatakan dirinya tidak memiliki kesulitan dalam menjalani pendidikan S3 di UI. Namun dia memahami bahwa Fakultas Ilmu Politik UI tidak sembarangan dalam meluluskan orang memperoleh gelar doktor.

"Sebenarnya tidak mudah, tapi tidak sulit juga jika pondasi penelitian kuat. Yang susah itu menentukan judul, bisa tiga hingga empat tahun," kata dia.

Fayakhun menjadi orang bergelar doktor ilmu politik ke-69 di Fakultas Ilmu Politik UI selama 50 tahun terakhir. Sidang disertasi terbuka Fayakhun dihadiri oleh sejumlah tokoh Golkar seperti Agung Laksono, Ginandjar Kartasasmita, Setya Novanto, Dave Laksono, dan lain-lain.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement