Senin 25 May 2015 04:01 WIB

Komunitas Pebisnis Mahasiswa Islam Dikembangkan

sejumlah pengusaha yang tergabung dalam spiritual company bersama pengurus pppa daarul quran
Foto: foto: damanhuri zuhri/republika
sejumlah pengusaha yang tergabung dalam spiritual company bersama pengurus pppa daarul quran

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, kini mengembangkan komunitas bisnis khusus mahasiswa sebagai bentuk praktik bisnis terapan bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Islam di Perguruan Tinggi Islam itu.

"Awalnya, kelompok ini murni keinginan mahasiswa yang memiliki semangat untuk bergerak di bidang usaha mandiri, khususnya mahasiswa jurusan Ekonomi Islam," kata dosen pembina komunitas bisnis mahasiswa itu, Matnin M.Ei, kepada Antara di Pamekasan, Minggu malam.

Ia menuturkan keinginan mahasiswa membentuk komunitas bisnis terdorong atas materi kuliah di kampus, akan pentingnya usaha mandiri, guna mengurangi pengangguran.

"Dalam berbagai kesempatan saya memang sering menyampaikan kepada mahasiswa, bahwa usaha mandiri itu lebih merdeka dibanding harus bekerja kepada orang lain," kata Matnin.

Selain bebas menentukan waktu bekerja, dengan usaha mandiri, seseorang bisa mengarahkan kebijakan usaha yang mereka lakukan, sehingga ia kuasa atas pekerjaannya sendiri.

Apalagi, sambung dosen jurusan Syariah pada program studi Perbankan Syariah ini, Islam sebenarnya lebih memfokuskan pada usaha kehidupan di muka bumi ini pada bidang bisnis.

Hal itu telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebelum ia diangkat menjadi Rasul Allah dan menyebarkan syariat Islam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement