Rabu 13 May 2015 11:03 WIB

Kiprah Unpad di Era ASEAN Community 2015

Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR -- Sepuluh negara yang tergabung di ASEAN sepakat merealisasikan ASEAN Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015 ini. Memasuki lima bulan pelaksanaan ASEAN Community, seluruh negara ASEAN harus siap menghadapi integrasi ekonomi atau sistem perdagangan bebas antarnegara ASEAN.

                                                           

Salah satu karakteristik utama ASEAN Community adalah Pasar Tunggal dan Basis Produksi. Di mana di dalamnya, terdiri dari lima elemen utama, yaitu aliran bebas barang, bebas jasa, bebas investasi, aliran modal yang lebih bebas, dan aliran bebas tenaga kerja terampil.

Lalu dimana peran perguruan tinggi dalam menyongsong ASEAN Community ini? Lebih khusus lagi, bagaimana kiprah Unpad meningkatkan daya saing bangsa sehingga tidak kalah bersaing di ASEAN Community? Untuk membahas hal tersebut, Kepala UPT Humas Unpad Soni  A. Nulhaqim mengatakan, Unpad menggelar kegiatan Unpad Merespons bertema “Kiprah Unpad di Era ASEAN Community 2015”.

 

Kegiatan ini, kata dia, diadakan pada Senin (18/5) pukul 09.00 – 11.00  WIB bertempat Executive Lounge Lantai 2 Gedung Rektorat Unpad, Jl. Dipati Ukur 35 Bandung. Adapun narasumbernya adalah Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. (Rektor Unpad) dan Dr. Darmansjah Djumala (Kepala BPPK Kemenlu).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement