Ahad 03 May 2015 14:44 WIB

Racer UNY Siap Maju Kompetisi Balap Internasional

Racer GURT siap mengikuti kompetisis ISGCC 2015
Foto: UNY
Racer GURT siap mengikuti kompetisis ISGCC 2015

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT) sebulan lagi akan mengikuti ajang International Student Green Car Competition (ISGCC). Dua mahasiswa, Sandy Gymnastiar yang akrab disapa Agym dan Komara mewakili kampus UNY sebagai racer dalam kompetisi tersebut.

“Perasaan saya campur-aduk. Nervous, semangat dan yang pasti kami penasaran dengan kompetisi yang akan dijalani," ujar Komara.

Agym menambahkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari adivisor tim sangat membantu mereka.Hingga saat ini Agym dapat menempuh waktu 23,71 detik dalam satu putaran lintasan. Hasil tersebut semakin menambah semangatnya untuk berlatih agar mendapat hasil yang terbaik. Dia menargetkan dapat menempuh waktu 22 detik.

Sementara itu, Komara dapat menempuh 23,21 detik. Ketika pertama kali mengenadari mobil, merek dapat menempuh waktu sekitar 31 detik. Dalam sesi latihan racer di stadion Maguwoharjo, kedua racer tersebut  terusmencari ’karakter’ mobil agar bisa mencapai hasil maksimal.

Selain berlatih mengendarai mobil, racer juga melakukan fitnes seminggu tiga kali di FakultasI lmuKeolahragaan (FIK). Mereka melakukan fitness untuk kekuatan tubuh sehingga dapat mengendalikan mobil dengan baik. Selain rutin menjalani fitness, Agym juga rutin melakukan push up dan sit up 25 kali setiap hari. Sementara untuk pola makan, Agym dan Komara rutin minum susu setiap hari dan menghindari makanan yang berlemak.

Sejauh ini, menruut mereka tempat yang digunakan untuk latihan kurang luas sehingga menyulitkan untuk melakukan manuver. Selain itu, tempat yang tersedia juga kurang bersih sehingga ban mobil cepat bocor. “Harapan kami dapat memanangkan kategori dan menjadi juara umum. Namun secara pribadi saya sebagai racer menargetkan untuk memenangkan kategori manuver dan akselerasi," kata Agym.

GURT adalah tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta yang terbentuk pada tahun 2012. Sejak tahun 2013, GURT telah berhasil meraih prestasi sebagai The Best Creative Technology dalam 2013 International Student Green Car Competition (ISGCC) di Korea Selatan. Pencapaian tersebut semakin diperkuat dengan kemenangan GURT sebagai 1st Winner Acceleration dan 1st Winner Endurance untuk kategori mobil Hybrid pada tahun 2014.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement