Senin 30 Mar 2015 21:11 WIB

Roh Pendidikan Lebih Perlu Dibangun Dibanding Fisiknya

Rep: c82/ Red: Dwi Murdaningsih
Irman Gusman
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD RI Irman Gusman menilai, budaya kepemimpinan adalah hal yang penting bagi suatu negara. Sumber daya manusia yang unggul ditambah kepemimpinan yang baik, lanjutnya, akan membuat sebuah negara besar. Hal tersebut disampaikan Irman dalam orasi ilmiah bertema Pembangunan Sumber Daya Insani yang Unggul dan Berkarakter Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Bicara mengenai pembangunan sumber daya insani yang unggul tidak terlepas dari dunia pendidikan. Bapak bangsa memasukkan pendidikan sebagai tujuan dari pembentukan Indonesia, termaktub dalam pembukaan UUD 1945 dan pasal 31 UUD 1945," kata Irman di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (30/3).

Irman mengatakan, menciptakan sumber daya insani yang unggul dan berkarakter merupakan tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia. Selain itu, peran pendidik dan guru sangat penting untuk menghadirakan sumber daya insani yang mampu memenuhi tuntutan zaman dan bersaing secara global.

Menurut Irman, untuk menjawab tantangan ke depan, yaitu agar Indonesia bisa berdiri sejajar dengan negara lain, pemerintah harus terus melakukan pengembangan terhadap sistem pendidikan.

"Mengutip lagu Indonesia Raya, Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Raganya. Maka bangun sistem seperti itu. Bangun roh atau jiwa pendidikan kita lebih dahulu dibanding badan atau fisiknya. Tak semata anggaran tapi ide-ide yang segar dan relevan untuk mengembangkan pendidikan kita," jelasnya.

Pengembangan terhadap sistem pendidikan pun, kata Irman, harus didukung banyak aspek, seperti kurikulum dan teknologi yang berkualitas, tenaga pendidik yang bermutu, serta sistem mekanisme yang baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement