Sabtu 28 Mar 2015 16:24 WIB

Alumni UIN Diminta Bisa Jaga Akhlakul Karimah

Rep: Heri Purwata/ Red: Dwi Murdaningsih
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Prof Akh Minhaji
Foto: uin-suka
Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta Prof Akh Minhaji

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof H Akh Minhaji meñandaskan agar alumni UIN Suka Yogyakarta harus bisa menjaga akhlakul karimah di mana pun berkarya. Sebab apapun profesinya, semua profesi mulia jika profesi tersebut paling berguna bagi sesama.

Minhaji mengatakan hal itu saat mewisuda sebanyak 851 orang di Kamus UIN Suka Yogyakarta, Sabtu (28/3). Hingga saat ini, UIN Suka Yogyakarta telah memiliki 46.920 orang alumni. 

Dia menjelaskan wisudawan yang berjumlah 851 orang memiliki bervariasi rencana para wisudawan setelah diwisuda. Di antaranya, melanjutkan studi di jenjang pendidikan lebih tinggi, menjadi pegawai negeri sipil (PNS), dan berwirausaha.

"Barangkali di antara Anda ada yang masih gamang karena banyak pilihan di hadapan Anda. Karena itu, kuncinya adalah ikuti yang menjadi passion, minat dan hasrat terkuat Anda," kata Minhaji. 

Selain itu, kata Minhaji, kenali bakat dalam diri para wisudawan masing-masing. Sedang hal yang paling penting berpegang pada nilai yaitu nilai kebenaran dan kebajikan universal. 

"Kita mesti senantiasa menjaga integritas moral dan akhlakul karimah di mana kita berkarya. Apapun pilihan yang Anda ambil dan apapun profesi yang Anda tekuni, semua adalah mulia, sejauh ia berguna bagi sesama," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement