Selasa 10 Mar 2015 18:13 WIB

UI Resmikan Pusat Riset Nanotechnology

Rep: c73/ Red: Taufik Rachman
Universitas Indonesia
Foto: antara
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) meresmikan  pusat riset Nanotechnology yang dinamakan Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ) pada Selasa (10/3). Gedung yang berlokasi di Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik UI (DTE FTUI) tersebut dihibahkan oleh pendiri Kelompok Lippo, Dr. Mochtar Riady. Dalam peresmian itu, hadir Rektor UI Muhammad Anis dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.  

Gedung MPRQ didirikan di atas lahan seluas 1.900 meter persegi, dengan luas bangunan kurang lebih 3.000 meter persegi. Bangunan lima lantai tersebut, dirancang oleh seorang arsitek ternama yang merupakan alumni Departemen Arsitektur Fakultas Teknik UI, Yori Antar.

Dekan FTUI Dedi Priadi mengatakan, gedung yang dirancang sebagai wadah pembelajaran teknologi nano ini terdiri dari laboratorium riset, ruang kerjasama riset dan ruang pertemuan.

Ia menjelaskan, saat memimpin Majelis Wali Amanat (MWA) UI Mochtar Riady berkomitmen agar UI  menjadi pusat riset unggulan di bidang Nanotechnology. "Hal ini selaras dengan visi UI untuk menjadi Universitas Riset Kelas Dunia," paparnya.

Saat ini, telah banyak riset yang terkait Nanotechnology dilaksanakan di UI. Di dalam lingkungan DTE FTUI sendiri, riset di bidang Nano Device merupakan salah satu riset unggulan. Salah satunya, kerjasama riset di bidang medis yang dikembangkan dengan Mochtar Riady Research Institute of Nanotechnology (MRIN).

Kemajuan riset di DTE FTUI meliputi berbagai bidang, di antaranya telekomunikasi, teknik komputer, teknik kendali, energi terbarukan dan Nano Device. Menurutnya, perkembangan yang pesat itu tidak terlepas dari keunggulan potensi yang dimiliki DTE FTUI, mulai dari potensi SDM riset, networking riset yang luas dan sarana riset yang dimiliki.

Dengan adanya riset terbaru MRPQ ini, menambah daftar sarana riset yang dimiliki FTUI. "Diharapkan, dapat mendorong UI menjadi pusat riset unggulan di bidang Nanoteknologi dan kontribusinya bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement