Ahad 14 Dec 2014 13:02 WIB

Pakai Logo KMP, Forum Pascasarjana IPB Dinilai tak Independen

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari
Institut Pertanian Bogor
Foto: primaholidaybandung.blogspot.com
Institut Pertanian Bogor

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Aliansi Mahasiswa Independen Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) meminta ketegasan kepada pihak pengurus Forum Wacana Pascasarjana IPB Periode 2013-2014 atas insiden Sabtu (13/12) petang.  Saat salah satu kandidat ketua umum kepengurusan baru tertangkap memakai logo garuda merah yang identik dengan Koalisi Merah Putih (KMP) di jas almamater kampus.

"Kami meminta ketegasan terhadap pihak pengurus untuk memberikan sanksi berdasarkan aturan sanksi kelembagaan organisasi mahasiswa IPB," kata perwakilan Aliansi Mahasiswa Independen Pascasarjana IPB, M Riza Febriando dalam rilisnya kepada Republika, Ahad (14/12).

Riza menyesalkan pihak terkait masih belum memberikan sanksi sesuai dengan pasal 80 ayat 2 di Peraturan Pemerintah Nomor  66 Tahun 2013 tentang aturan kelembagaan organisasi mahasiswa IPB. Logo garuda merah tersebut, menurutnya, tidak boleh beredar di kampus dan tidak ada kaitannya dengan Kongres Forum Pascasarjana IPB.

"Forum Wacana Pascasarjana IPB terindikasi ditunggangi kelompok tertentu yang berafiliasi dengan logo tersebut," kata Riza.

Anggota lainnya, Arifin mengatakan, perlu adanya penegasan dan revitalisasi kelembagaan organisasi kemahasiswaan pascasarjana IPB berdasarkan landasan hukum penuh.

Seluruh perwakilan mahasiswa program studi ini, kata Arifin, menyatakan harus ada kejelasan status dan aturan main kelembagaan mahasiswa pascasarjana IPB.

"Berdasarkan hal tersebut, kami menyatakan bahwa forum yang telah berlangsung ilegal dan menyalahi peraturan perundangan kelembagaan IPB," ujar Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement