Sabtu 29 Nov 2014 16:49 WIB

Sejarawan Inggris Bicara Tentang Indonesia

Prof Peter Carey
Foto: theguardian
Prof Peter Carey

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) akan menyelenggarakan Inaugural Lecture Adjunct Professor Peter Carey, Senin (1/12). Sejarawan asal Inggris ini dinilai berkontribusi besar pada penelitian budaya dan sejarah Nusantara, khususnya tentang Jawa.

“Pada kuliah ini, beliau akan menyampaikan makalah The Uses and Abuses of History:A British Historian’s View of Indonesia,” ujar  Humas FIB UI Adi Kristina Wulandari, M.Hum, Sabtu (29/11).

Kuliah khusus yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-47 FIB UI ini dimulai pukul 10.00 WIB di Ruang Auditorium 1103, Gedung I FIB UI, Kampus UI Depok. 

Carey yang lahir di Rangoon, Burma pada 30 April 1948 ini menghabiskan masa kecilnya di Asia. Ia kembali ke Inggris pada tahun 1955,dan mendapatkan gelar First Class Honours dalam Sejarah Modern di Trinity College, Oxford pada tahun 1969.

Setelah lulus, ia memenangkan beasiswa English Speaking Union (ESU) dan melanjutkan studi di Cornell University, Amerika Serikat, di mana ia pertama kali tertarik pada kajian Asia Tenggara, hususnya Indonesia.

Sebelum pensiun dini, Peter adalah Laithwaite Fellow dan Tutor dalam Sejarah Modern di Trinity College, Oxford(1979-2008), yang mengkhususkan diri dalam sejarah modern dan politik Indonesia, Burma, dan Timor Leste. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement