Kamis 27 Nov 2014 19:40 WIB

Nuh: Pendidikan Tentukan Daya Saing Bangsa

M Nuh
Foto: bincangedukasi.com
M Nuh

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG--Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan pendidikan merupakan faktor penting dalam menentukan daya saing suatu bangsa menghadapi tantangan global apalagi Indonesia memiliki potensi besar.

"Peran perguruan tingi sangat penting dalam membangun kapasitas dan kapabilitas keilmuan dan membentuk karakter generasi muda dalam menghadapi persaingan," kata M. Nuh saat menyampaikan materi dalam kuliah terbuka di Universitas Matana Gading Serpong, Tangerang.

M. Nuh mengatakan, bangsa Indonesia harus memahami dalam menghadapi tantangan global dan dinamika nasional mengharuskan kita mampu memperkuat jati diri sebagai bangsa yang besar.

Dia mengatakan, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa seharusnya bisa menjadi modal dasar menuju bangsa yang hebat."Generasi tahun 2045 harus menjadi generasi utama atau generasi emas," ujar M. Nuh dihadapan civitas akademika Universitas Matana.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Yayasan Matana Ervan Adi Nugroho mengatakan, Universitas Matana memiliki tangungjawab juga dalam mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas dan bersaing.

"Generasi 2045 atau kita sebut generasi emas harus didukung melalui pengembangan sumber daya manusia dengan cara membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan hingga perguruan tinggi," kata Ervan yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur Paramount Land.

Universitas Matana merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang ada di kota Gading Serpong, saat ini fasilitas maupun kualitas sarana dan prasarana terus ditingkatkan.

"Pesan dan harapan saya kepada para mahasiswa selaku generasi penerus teruslah kalian belajar dan menggali berbagai informasi sebanyak mungkin agar kelak mampu memiliki daya saing, unggul dan bermutu," kata Ervan menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Johannes Pradjitno, Rektor Universtas Matana menjelaskan untuk mempersiapkan generasi masa depan Indonesia yang berdaya saing, perlu persiapan dari sekarang, peran perguruan tinggi sangat penting dan diperlukan untuk membangun generasi bangsa yang cakap secara intelektual, teguh dalam pendirian dan siap menghadapi tantangan zamannya.

Saat ini Universitas Matana telah mengembangkan 10 program studi, diantaranya manajemen bisnis, desain komunikasi visual, perhotelan, arsitektur dan multimedia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement