Ahad 16 Nov 2014 15:26 WIB

Mahasiswa Farmasi UAD Praktek Klinis di Thailand

Rep: Yulianingsih/ Red: Indah Wulandari
Logo Universitas Ahmad Dahlan
Logo Universitas Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sebanyak dua mahasiswa Magister Farmasi Klinis Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan praktek klinik di Prince Songhla University (PSU) Thailand.

Para mahasiswa tersebut, Noverda Ayuchecaria dan Lalu Muhammad Irham berangkat ke PSU Thailand sejak 1 November lalu dan akan berada di Internal Medicine Songklanagarind Hospital Thailand selama enam pekan.

"Mereka telah memenuhi syarat secara akademis, kemampuan Bahasa Inggris dan pengauasaan materi klinis untuk ikut praktek klinis di sana," ujar Ketua Program Studi S2 Farmasi UAD, Laela Hayu Nurani, Ahad (16/11).

Menurutnya, keduanya memperdalam ketugasannya sebagai spesialis ward pharmacist (Farmasi Bangsal) yang mengkaji Drug Related Problem (DRP). 

Di PSU, sistem yang diajarkan berdasarkan kerja tim. Para mahasiswa UAD yang ikut praktek klinis di Thailand ini akan memiliki nilai tambah berupa pengetahuan sistem medical record atau sistem peresepan secara elektronik.

"Hal ini yang kemudian menghindari kesalahan baca rekam medis (RM). Ini sangat bermanfaat untuk praktek ke depan mahasiswa setelah lulus," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement