Senin 03 Nov 2014 20:45 WIB

Unand Gelar Festival Fisika 2014

Peserta festival fisika.
Foto: Unand
Peserta festival fisika.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar Festival Fisika 2014 yang diikuti pelajar dari Sumbar, Riau dan Jambi di Kampus Limau Manis Unand pada 1 hingga 3 November.

"Kegiatan festival fisika ini merupakan agenda tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fisika Unand," kata Ketua Pelaksana kegiatan, Anggi di Padang, Senin (3/11).

Dia menyebutkan kegiatan festival ini merupakan yang ke-12 sejak digelar tahun 2003 lalu. Dalam festival ini, digelar beberapa kegiatan antara lain lomba fisika, lomba cerdas tangkas fisika, kompetisi komik fisika, fotografi kontes majalah dinding (mading), akustik, dan rangking satu.

Khusus untuk kompetisi mading, kompetisi komik, dan rangking satu, katanya, bertema fisika diadakan selama satu hari.

Sementara lomba fisika dan cerdas tangkas fisika, imbuhnya, dilaksanakan selama tiga hari yang terdiri dari babak penyisihan, semifinal dan final.

"Para peserta sebagian besar merupakan siswa SMA dan SMP yang berasal dari sekolah di sekitar Riau, Jambi dan Sumbar," katanya.

"Hanya kontes mading dan kompetisi komik fisika yang pesertanya melibatkan umum dan mahasiswa yang berasal dari luar Sumatera," imbuhnya.

Dia menyebutkan untuk lomba fisika tahun ini, sebanyak 686 siswa yang terbagi atas SMP dan SMA. Sementara untuk lomba cerdas tangkas fisika sebanyak 19 tim yang ikut serta, dimana masing-masing kelompok terdiri atas tiga orang, katanya.

Sedangkan untuk kompetisi mading sebanyak 15 tim yang ikut serta. "Secara garis besar tujuan pengadaan kegiatan Festival ini untuk mengenalkan ilmu fisika dan aplikasinya kepada para siswa SMA dan SMP," sebutnya.

Mulai dari hari pertama hingga terakhir semua kegiatan berhubungan dengan ilmu fisika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement