Kamis 30 Oct 2014 05:14 WIB

UM Magelang Dorong Mahasiswa Studi Lanjut di Jepang (2-habis)

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri
Suasana di Jepang
Foto: AP
Suasana di Jepang

REPUBLIKA.CO.ID,

Muhammad Taufik menjelaskan Jepang merupakan negara terbaik di dunia dalam hal mendidik para pemudanya untuk menjadi tenaga kerja yang handal. “Untuk itulah saya mengirim kedua anak saya untuk melanjutkan studi di Jepang,” kata Muhammad.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan saat ini Jepang masih membutuhkan 5.000 tenaga perawat sehingga para lulusan keperawatan dapat bekerja di sana. Ia menegaskan di Jepang banyak tersedia lapangan kerja namun man power-nya kurang.

Sedangkan Yukihiro Seki menjelaskan kemudahan kuliah di Jepang terutama kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Ia mengatakan  biaya pendidikan di Jepang lebih murah dibanding dengan negara Eropa. “Tes untuk orang asing lebih mudah daripada untuk orang Jepang sendiri,” kata Yukihiro Seki menerangkan.

Kemampuan berbahasa Jepang, kata Yukihiro Seki, sangat diperlukan untuk mempermudah berkomunikasi. Karena itu Miroku-no-Sato memberikan kesempatan bagi mahasiswa UM Magelang untuk melanjutkan studi di Jepang sekaligus magang di beberapa industri yang menjalin kerjasama dengan Miroku-no-Sato.

Salah satunya adalah perusahaan Tsuneishi yang merupakan perusahaan nomor enam terbaik di dunia yang bergerak di bidang industri dan manufaktur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement