Kamis 23 Oct 2014 20:32 WIB

IPB Gelar Asesmen Pascasarjana dan Diploma

Asesemen pascasarjana dan diploma di IPB
Asesemen pascasarjana dan diploma di IPB

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Kantor Manajemen Mutu IPB gelar lokakarya Hasil  Asesmen dan Audit untuk Program Pascasarjana dan Program Diploma. Asesmen dan audit ini diikuti oleh sekitar 100 orang asesor dan auditor. Acara dilakukan di Ruang Sidang BLST Taman Kencana, Bogor (23/10).

Kepala Kantor Manajemen Mutu IPB, Dr. Fredinand Yulianda mengungkapkan bahwa jumlah asesor dan auditor masih belum memadai jika melihat unit kerja yang harus diaudit.Tahun ini  kita masuk untuk mengaudit Program Pascasarjana dan Program Diploma.

"Para asesor dan auditor ini diambil dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Namun karena banyak kesibukan sehingga dari jumlah 148 asesor dan auditor yang menyatakan bersedia berjumlah 100 orang,'' katanya.

Ia menambahkan asesor dan  auditor ini masih merupakan pilihan bukan kewajiban, sehingga pihaknya belum bisa mem-push itu menjadi suatu kewajiban dan dedikasi.  ''Ini perlu menjadi perhatian institusi bagaimana memberikan reward untuk auditor dan asesor" ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya dengan asesmen dan audit ini, diharapkan pelaksanaan akademik dan non akademik bisa diukur, agar dapat meningkatkan kualitas dan mutunya.

Dalam hal pemenuhan standar, kendala masih cukup banyak misalnya infrastruktur, sarana dan prasarana, kapasitas mahasiswa,  pelaksanaan pratikum. Meskipun demikian untuk pemenuhan standar akademik program Sarjana sudah lebih mapan dibanding dengan program lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement