Selasa 02 Sep 2014 17:41 WIB

Awali Tahun Ajaran Baru Uhamka Gelar Kuliah Umum

Rep: CR01/ Red: Taufik Rachman
Rektor Uhamkan Prof Dr Suyatno
Rektor Uhamkan Prof Dr Suyatno

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tahun ajaran baru 2014/2015 sudah dimulai. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (Uhamka) memulainya dengan menggelar kuliah umum bertajuk “Uhamka menyiapkan SDM Unggul untuk Membangun Indonesia Maju” yang disampaikan oleh Fasli Djalal Ketua BKKBN sekaligus Wakil Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Uhamka.

Kuliah umum digelar dihadapan lebih dari 3.000 mahasiswa baru dari delapan fakultas dan 28 program studi Strata Satu (S1) dan Diploma Tiga (D3). Delapan fakultas tersebut antara lain FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), FE (Fakultas Teknik), Fakultas Farmasi & Sains, FIKES (Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan), FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), FAI (Fakultas Agama Islam) dan Fakultas Psikologi.

Dalam kuliahnya, Fasli menyoroti soal angka penduduk bumi yang terus meningkat sementara daya tampungnya semakin kecil. Menurutnya bumi hanya mampu menampung hingga empat miliar manusia. Sehingga pada 2050 butuh tiga bumi lagi untuk menampung jumlah penduduk bumi yang diperkirakan meledak hingga 16 miliar manusia yang berakibat pada meningkatnya persaingan antar penduduk dunia.

Secara simbolis peresmian pembukaan perkuliahan ditandai dengan penyematan jaket almamater Uhamka ke masing-masing perwakilan dari tiap fakultas oleh Rektor Uhamka, Suyatno. Suyatno juga memberikan penghargaan kepada lima orang mahasiswa berprestasi tahun ajaran 2013/2014

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement