Rabu 20 Aug 2014 10:01 WIB

Rektor: Jangan Lama-Lama Belajar di UNS

Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi menegaskan kepada mahasiswa baru angkatan 2014/2015 jangan lama-lama belajar di universitas tersebut karena sudah ditunggu untuk pengabdiannya di masyarakat.

"UNS hanya menyediakan waktu untuk belajar tiga setengah sampai lima tahun," kata Rektor UNS Ravik Karsidi pada upacara penyerahan calon mahasiswa baru strata 1 (S-1) kepada rektor/senat UNS di halaman Rektorat UNS, Rabu.

Ia mengatakan bagi mereka yang diterima sangat beruntung karena dari 182.566 peminat hanya diterima 5.056 orang. Untuk itu kesempatan tersebut jangan sampai disia-siakan. "Gunakanlan sebaik-baiknya untuk belajar, karena sudah ditunggu bangsa dan negara," katanya.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Sutarno mengatakan peminat calon mahasiswa di UNS sebanyak 182.566 orang terdiri atas 95.914 peminat IPA dan 86.652 IPS.

Ia mengatakan seleksi penerimaan mahasiswa baru strata 1 UNS tahun 2014 dilaksanakan untuk 63 program studi dari sembilan fakultas dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu lewat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT).

Dikatakan mahasiswa S-1 yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN berasal dari keluarga tidak mampu dan memenuhi syarat diusulkan akan diberikan Beasiswa Bidik Misi sebanyak 1.124 orang mahasiswa.

Sutarno mengatakan kepada yang bersangkutan akan diberikan besiswa sebesar Rp6 juta per semester (Rp2,4 juta untuk biaya pendidikan dan Rp3,6 juta untuk biaya hidup).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement