Jumat 08 Aug 2014 14:26 WIB

Lagi, ITS Raih Penghargaan Spirit of Atlantic Challenge

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Agung Sasongko
Tim
Foto: Antara
Tim

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Tim Maritime Challenge Institut Teknologi Sepuluh Nopember (MCI ITS) sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia dan negara Asia Pasifik berhasil memperoleh trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge, dalam ajang bertaraf internasional Atlantic Challenge International (ACI) 2014 yang berlangsung di Vannes, Prancis.

Perjuangan tim MCI selama delapan hari itu pun tidaklah sia-sia dengan diraihnya penghargaan yang cukup bergengsi tersebut. Saat pengumuman, disebutkan dua negara peraih trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge, yaitu Indonesia dan Lithuania.

“Inilah yang menjadikan ACI 2014 sedikit lebih spesial, karena dua negara mendapat penghargaan yang sama,” ujar Natya Bestari, salah satu anggota MCI, Kamis (7/8).

Natya memaparkan, penghargaan ini dinilai paling tinggi karena diberikan pada tim yang benar-benar menjalani lomba sesuai filosofinya. Tidak hanya bertanding di race, namun juga menjalankan tradisi boat building, fairplay, dan menjalin pertemanan antarnegara.

ACI 2014 ini mengantarkan Tim Indonesia meraih tropi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge untuk kali ketiga. Penghargaan tersebut kali pertama diraih tim MCI pada tahun 2002 yang digelar di Rockland-USA, dan selanjutnya pada tahun 2012 di Bantry-Irlandia. Baru Tim Indonesia yang berhasil meraih penghargaan ini sebanyak dua kali berturut-turut.

Pada ajang yang digelar setiap dua tahun sekali ini, terdapat lima kategori trofi penghargaan. Kelima penghargaan tersebut meliputi Atlantic Challenge Trophy, John Kerr Trophy, Spirit of Atlantic Challenge Trophy, Lance Lee Trophy, dan L'Esprit.

“Penghargaan ini menjadi begitu prestisius karena penilaian dilakukan dengan cara voting dari peserta dan panitia,” ujar mahasiswi ITS Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ini.

Tidak hanya para peserta ACI, acara pun ikut diramaikan oleh para peserta dari kompetisi serupa khusus untuk warga lokal, Defi Breton. Tim MCI ini tiba di Bandara Juanda Surabaya pada Jumat (8/8) pukul 09.00 WIB. Selanjutnya tim yang disambut oleh para sivitas akademika ITS ini akan diarak menuju kampus ITS Sukolilo, Surabaya untuk menuju ke gedung Rektorat menerima penyambutan resmi dari Rektor ITS Tri Yogi Yuwono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement