Sabtu 10 May 2014 14:46 WIB

Rektor: Calon Mahasiswa Jangan Tertuju Satu Fakultas

Calon mahasiswa (ilustrasi)
Calon mahasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Thamrin Usman, mengharapkan para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Untan tidak hanya tertuju pada satu fakultas saja.

"Harapan kami para calon mahasiswa sebenarnya tidak hanya tertuju pada satu fakultas saja, seperti FKIP, tetapi menyebar di fakultas lainnya, oleh sebab itu menjadi bekal kami untuk terus mengevaluasi terhadap hal itu," kata Thamrin di Pontianak, Sabtu (10/5).

Ia menjelaskan, sekarang ini, atas kebijakan pemerintah seperti pemberian sertifikasi guru, sehingga semua masyarakat ingin menjadi guru. "Kalau kebijakan itu nantinya berubah, saya yakin peminatnya juga akan berubah," kata Thamrin.

Menurut dia, seharusnya tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) jangan karena kebijakan pemerintah tersebut, tetapi karena memang bakat, kemampuan kompetensi, dan peluang serta tantangan yang ada.

"Kan lucu nantinya kalau orang Kalbar tidak mengerti tentang lahan gambut, dan buah tengkawang itu apa," katanya.

Hal itu bisa saja terjadi, kalau nantinya minat anak-anak muda sekarang untuk kuliah di Fakultas Pertanian dan Kehutanan menjadi tidak ada, katanya.

Sementara itu, jumlah Fakultas di Untan Pontianak saat ini, di antaranya Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kehutanan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Kedokteran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement