Senin 05 May 2014 17:03 WIB

Pendaftaran Ujian Masuk UI 2014 Sudah Dibuka

Rep: Hannan Putra/ Red: Joko Sadewo
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Kabar gembira bagi mereka yang ingin berkuliah di Universitas Indonesia (UI). Seleksi Masuk (SIMAK) UI tahun 2014 telah dibuka mulai Senin (5/5) hari ini.

Pendaftaran SIMAK UI dapat dilakukan secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id  hingga 6 Juni 2014 mendatang. Ujian tertulis Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel akan dilaksanakan serentak pada 22 Juni 2014 di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan

ujian S1 Kelas Internasional dilaksanakan pada 15 Juni 2014. Untuk pengumuman, dapat diakses secara online di http://penerimaan.ui.ac.id pada 23 Juli 2014.

Kepala Kantor Komunikasi UI, Dra Farida Haryoko MPsi menjelaskan, Materi yang diujikan pada SIMAK UI 2014 untuk kelompok IPA adalah kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) dan kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu).

Sedangkan kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu).  Kelompok IPC yang diujikan adalah kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar. Sedangkan materi ujian bagi peserta Kelas Internasional adalah Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry, and Integrated Natural Sciences (Kemampuan IPA) dan Basic Mathematics, Economy, Indonesia and The World A, Indonesia and The World B, and Integrated Social Sciences (Kemampuan IPS).

"SIMAK UI adalah seleksi masuk terpadu, yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat memilih satu hingga empat program pendidikan dengan maksimum pilihan hingga 8 program studi," terang Farida. Mengenai biaya, Farida mengatakan, pendaftaran sebesar Rp 300.000 untuk program IPA/IPS (2 pilihan pertama) dan Rp 350.000 untuk program IPC. Bagi peserta SIMAK UI Kelas Internasional dapat memilih 1 program studi dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement