Rabu 23 Apr 2014 12:45 WIB

UII Luncurkan Mobil Listrik Force Unisi

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri
Universitas Islam Indonesia
Foto: ahsanology.com
Universitas Islam Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Rabu (23/4), meluncurkan mobil listrik Force Unisi di kampus setempat. Mobil ini menggunakan komputer android untuk pengendalian dan pengukurannya.

Wakil Dekan FTI UII, Wahyudi Budi Purnomo mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (23/4). Tujuan pembuatan mobil listrik ini akan dilombakan dalam kompetisi mobil listrik di Institut Teknologi Surabaya (ITS) Juni mendatang.

Dijelaskan Wahyudi, mobil ini menggunakan baterai tipe GS-NS60 dengan tegangan 12V dan kemampuan arus 45Ah. "Baterai ini dipilih karena ketahanannya sangat baik dan mampu bekerja pada temperatur tinggi, stabil, dan menghasilkan tenaga besar," katanya.

Sedang komputer Android yang dipasangkan pada mobil ini digunakan untuk mengendalikan speedometer, baterai indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, tombol lampu head, tombol lampu sign, tombol rear, tombol kendali fitur dan lain-lain. Selama ini, panel tersebut dipasang sendiri-sendiri sehingga merepotkan pengemudi dan menambah berat beban mobil listrik.

Komputer Android ini, lanjut Wahyudi, terdiri dua bagian yaitu bagian pertama instrument display dan monitoring, dan bagian kedua, parameter input. Komputer instrument display menggunakan komputer android dengan spesifikasi yang tinggi.

Spesifikasi Force Unisi adalah panjang total 2,5 meter, panjang rangka 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, tinggi 1,2 meter, sistem kemudi rack and pinion, ukuran roda Yamaha Mio.

Sedang sistem suspensi double wishbone, camber angle -2 derajat dan caster angle + 5 derajat. Sistem penggerak menggunakan dua motor BLDC @ 1kW dan penggerak roda belakang/RWD dengan differential elektronik.

Mobil Force Unisi ini dikerjakan 13 mahasiswa dan diketuai Nazri Afandi Pasaribu. Proses pembuatannya sejak September 2013 dan April 2014 diluncurkan.

"Secara keseluruhan pembuatan mobil listrik ini dibuat tim sendiri, mulai dari desain, program software, assembly, dan program-program digital elektrik lainnya dikerjakan di Laboratorium Teknik FTI UII," katanya.

Keunggulan mobil listrik ini memiliki Force Unisi adalah hemat, ramah lingkungan, serta cepat. Selain itu, juga memiliki keseimbangan yang baik saat berjalan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement