Selasa 04 Mar 2014 17:49 WIB

Trisakti Perluas Kerja Sama Internasional

Universitas Trisakti
Foto: Republika
Universitas Trisakti

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Universitas Trisakti kian menjalin kerjasama dengan pihak-pihak luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang visi Trisakti menjadi kampus bertaraf internasional.

Wakil Rektor IV Universitas Trisakti Asri N.I Adjidarmo mengatakan pihaknya selalu berusaha pro aktif mendekati berbagai pihak di dunia internasional untuk menjalin kerjasama dengan Trisakti.

Direktur Lembaga Budaya & Bahasa Universitas Trisakti, N. Sutan Assin menyebut  dirinya kerjasama internasional akan terus ditingkatkan untuk memberikan akses dan informasi yang seluas-luasnya kepada para mahasiswa Trisakti terhadap dunia global.

“Kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Trisakti tidak hanya terbatas kerjasama akademik dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, namun juga kerjasama yang melibatkan kegiatan kebudayaan,” ujarnya dalam siaran pers kepada Republika, Selasa (4/3).

Kerjasama dalam bidang pendidikan dilakukan dalam bentuk kelas international, pertukaran pelajar,  pengiriman dosen, seminar maupun penelitian. “Kerjasama ini telah dilakukan dengan berbagai perguruan tinggi dan  institusi yang tersebar di berbagai negara dan akan terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sutan berujar baru-baru ini Trisakti mendapat kontak dari Kedutaan Cina. Mereka berminat bekerjasama dengan pihak Trisakti. “Ini akan menarik karena kita juga akan dapat mempelajari bagaimana kebudayaan Cina, dimana tentu akan ada hal-hal baik yang dapat kita ambil dan pelajari,” kata Sutan.  

Dengan banyaknya informasi yang dapat diterima ini, dia berharap mahasiwa Trisakti secara pribadi dapat membandingkannya dengan kebudayaan sendiri. “Hal -hal yang bagus dapat mereka ambil dan yang buruk ditolak. Ini dapat meningkatkan mutu dari lulusan Trisakti,” ujarnya.

Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Melba Pria mengatakan ke depannya dapat menjalin hubungan lebih erat dengan Trisakti. “Saya mencoba menjadwalkan untuk memberikan kuliah umum paling tidak dua sampai tiga kali dalam setahun, dan satu sampai dua aktifitas kebudayaan yang dilakukan bersama-sama dengan Trisakti,” kata dia.

Ia senang dengan adanya kerjasama antara Meksiko dengan Trisakti, “Universitas Trisakti sangat membantu dan sangat terbuka pada kami,” ucapnya. Untuk itu, ia pun memberikan tawaran beasiswa untuk empat mahasiswa Trisakti yang terdiri masing-masing dua orang untuk program sarjana dan pasca sarjana.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement