Sabtu 01 Mar 2014 20:47 WIB

ITS Pertahankan Akreditasi A dari BAN PT

ITS
ITS

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhail meraih akreditasi dengan peringkat A berdasarkan penilaian Program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya, ITS telah meraih akreditasi A sejak 2008. Sedangkan kali ini merupakan reakreditasi untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

ITS tercatat meraih akreditasi A di Tahun 2014 bersama tujuh perguruan tinggi lain di Indonesia berdasarkan Surat Keputusan (SK) No. 015/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014. Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Dr Ing Herman Sasongko, mengatakan ada tujuh standar yang menjadi penilaian BAN-PT terhadap akreditasi institusi. Standar pertama, ketercapaian visi, misi, tujuan dan sasaran. Dalam mendukung visi ITS menjadi perguruan tinggi bereputasi internasional dalam sains, teknologi dan seni, ITS telah mendefinisikan langkah-langkah strategisnya dalam Rencana Strategis (Renstra) 2008-2017.

Standar kedua adalah tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. Menurut Herman, ITS dinilai sangat baik dalam standar ini. Hal ini karena Sistem Penjaminan Mutu (SPM) ITS telah terhubung hingga ke level jurusan. Salah satu strategi yang disorot sangat baik adalah Lean and Bottom-led Organization. “Kalau kita lihat, organisasi di ITS lebih ramping, di mana pelaku utama diarahkan di bawah, yaitu jurusan dan laboratorium-laboratorium,” ujarnya dalam siaran persnya yang diterima ROL, Sabtu (1/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement