Ahad 26 Jan 2014 15:42 WIB

'Siapa Bilang Pemerintah Tidak Perhatikan PTS'

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad
Logo Kemendikbud
Logo Kemendikbud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Idrus Paturusi mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kemdikbud selama ini sudah bersikap adil baik kepada PTN maupun PTS. Mereka membantu PTS dalam banyak hal, salah satunya memberikan bantuan dana penelitian kepada dosen-dosen PTS.

Bantuannya, ujar Idrus, memang kecil tapi pemerintah telah membantu. Tidak mungkin 3 ribu PTS dibantu semuanya, PTN saja masih kesulitan untuk mendapatkan bantuan penelitian padahal jumlahnya hanya sedikit.

PTN, terang Idrus, tidak bisa menaikkan biaya kuliah seenaknya sebab pasti ditegur pemerintah. Sedangkan PTS berbeda, mereka dibebaskan mengelola anggarannya sendiri, termasuk menaikkan biaya kuliah.

 

PTS, kata Idrus, dibebaskan menerima mahasiswa sebanyak-banyaknya. Sedangkan  PTN tidak bisa melakukan penerimaan mahasiswa tanpa berkoordinasi dengan Kemdikbud. "Kami harus selalu mematuhi peraturan, tidak bisa seenaknya sendiri, apalagi berorientasi mencari keuntungan," katanya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) protes terkait perhatian Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbub yang kurang. Perhatian lebih justru diberikan kemendikbud terhadap Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement