Jumat 24 Jan 2014 08:29 WIB

2014 Institut Olahraga Indonesia Terima Mahasiswa Baru

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Jakabaring Sport City.
Foto: Republika/Maspril Aries
Jakabaring Sport City.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Indonesia pada tahun ajaran baru 2014/2015 akan memiliki perguruan tinggi olahraga. Institut Olahraga Indonesia (IOI) dengan kampus di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang mulai menerima mahasiswa baru.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Saydina Ali, Jumat (24/1) mengtatakan, “Tahun ini Institut Olahraga Indonesia yang berpusat di Palembang sudah menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2014/2015.”

Untuk merealisasikan berdirinya perguruan tinggi olahraga pertama di Indonesia tersebut menurut Syadina Ali tim pendiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah bertemu Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Ketua Pendiri IOI Prof Bambang Sudjiono dalam paparan dengan Gubernur Sumatera Selatan menjelaskan, perguruan tinggi olahraga tersebut tahun ini sudah menerima mahasiswa baru dan September 2014 sudah mengadakan perkuliahan.

“Sambil menunggu selesainya pembangunan infrastruktur untuk perkuliahan, IOI mulai melaksanakan perkuliahan dengan memanfaatkan gedung-gedung olahraga yang ada di komplek olahraga Jakabaring,” katanya.

Menurut Bambang, IOI akan membuka lima program studi (prodi). Lima prodi tersebut terdiri dari program Jurnalistik Olahraga, program Manajemen Olahraga, program Teknik Olahraga, program Desain Olahraga dan program Olah Tubuh.

“Angkatan pertama kita akan menerima 250 mahasiswa, setiap program studi dengan 50 mahasiswa. Kita harapkan para mahasiswa ini berasal dari seluruh Indonesia,'' jelas Bambang.

Setiap provinsi, kata dia, dapat mengajukan perwakilannya tiga atau paling banyak lima orang untuk kuliah di IOI. ''Sisanya kita menerima melalui sistem seleksi,” ujarnya.

Institut Olahraga Indonesia akan menjadi perguruan tinggi negeri yang berpusat di Palembang, untuk dana pembangunan infrastruktur gedung perkuliahan anggarannya berasal dari APBN dan Pemerintah Provinsi Sumsel mempersiapkan lahannya.

Menurut Saydina Ali, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mendukung penuh pendidikan Insitut Olaahraga Indonesia di kawasan Jakabaring Sport City, “Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah menyediakan lahan seluas 26 hektar.”

Gubernur Alex Noerdin mengungkapkan, pemerintah pusat memilih kampus IOI di Sumatera Selatan, karena daerah ini memiliki fasilitas olahraga yang lengkap dan berstandar internasional.

Sumatera Selatan juga dinilai sukses melaksanakan berbagai even olahraga internasional termasuk pekan olahraga multi even seperti Sea Games XXVI tahun 2011 dan Islamic Solidarity Games (ISG) III tahun 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement