Ahad 08 Dec 2013 14:35 WIB

UII dan UHM Rancang Program Double Degree

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri
UII
UII

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Islam Indonesia (UII) dan University Hawaii at Manoa (UHM) akan membuka double degree.

Program tersebut akan dilaksanakan Master of Urban and Regional Planning UHM dan Master of Science in Earthquake Engineering Management UII.

"Ini tinggal finalisasi draft untuk diajukan ke Ditjen Dikti," kata Rektor UII, Edy Suandi Hamid saat melakukan kunjungan balasan ke UHM di Hawaii, Amerika Serikat ,Sabtu (7/12) waktu Indonesia atau Jumat (6/12) waktu setempat.

Dijelaskan Edy, beberapa program yang sudah berjalan dengan UHM antara lain simposium internasional Asia Pacific Dissaster Risk Reduction, riset bersama, pengiriman mahasiswa UII ke UHM satu semeter dengan transfer kredit.

Selain itu, juga pengiriman empat dosen dan dua mahasiswa UII untuk mengikuti pelatihan disaster management and humanitarian assistance.

"Untuk kegiatan tersebut hampir semuanya didukung pendanaan dari United States Agency for International Development (USAID) dan UHM," kata Edy.

Direncanakan pada bulan Juni 2014 nanti akan diadakan simposium internasional kedua tentang disaster management di UII.

Selain itu, dalam waktu dekat dosen-dosen UHM juga akan sabbatical leave untuk mengajar di UII, seperti Pendidikan Bahasa Inggris serta surgery robotic untuk Fakultas Kedokteran dan Program Studi Teknik Elektro serta Program Studi Teknik Informatika.

Rektor University Hawaii at Manoa (UHM), Tom Apple mengapresiasi kerja sama yang dijalin antara UHM dan UII ini. Tom menyebutnya kerjasama ini sangat aktif. Sehingga ia optimistis kerjasama ini akan memberikan harapan untuk pengembangan kerjasama berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement